Technologue.id, Jakarta – Apakah Anda merasa muak dengan banyaknya teman dan kerabat yang ‘terlalu rajin’ membagikan berita yang dipertanyakan kebenarannya? Tenang, Anda tak sendiri, karena faktanya, Barrack Obama pun merasa demikian.

Presiden Amerika Serikat yang sebentar lagi tuntas menjabat itu mengkritik bagaimana teori konspirasi ngawur kerap disebar di jejaring sosial semacam Facebook.

“Jika mereka terus mengulang ‘serangan’ dan kebohongan itu secara terus menerus, selama itu berada di Facebook dan banyak orang bisa melihatnya, orang-orang akan mulai mempercayainya,” keluh Obama dalam kesempatannya meng-endorse calon presiden AS Hillary Clinton di University of Michigan, seperti dikutip dari BusinessInsider (08/11/16).

Facebook sendiri sebagai platform yang dituding sebenarnya tak cuma berpangku tangan. Mark Zuckerberg beserta jajarannya telah mencoba mengatasi polemik ini dengan menciptakan algoritma khusus. Teknologi tersebut digunakan untuk memerangi artikel clickbait, yang kerap kali judulnya begitu bombastis tapi isinya tidak relevan.

- Advertisement -

Media sosial yang menampung lebih dari 1,7 miliar penduduk Bumi tersebut pun menyatakan siap menindak tegas pada website dan akun fan page-nya yang selama ini bergantung pada praktik clickbait. Targetnya tentu saja mulia, yaitu membuat pemakai Facebook nyaman berinteraksi di dalam platform berusia 12 tahun itu.

Kalau boleh tahu, apa yang sejauh ini sudah Anda lakukan jika memergoki teman atau kerabat yang membagikan link berita abal-abal di Facebook? Apakah Anda memblokirnya hingga meng-unfriend? Atau hanya membiarkannya karena tak enak hati? Silakan bagikan pengalaman Anda di kolom komentar berikut.

 

Baca juga:

FACEBOOK ANCAM LINKEDIN DENGAN FITUR LOWONGAN KERJA

ASYIK, FACEBOOK MESSENGER BAKAL DIISI LEBIH BANYAK GAME!

FACEBOOK DIAM-DIAM BIKIN SMARTPHONE MODULAR?