Oculus Dituduh Pencuri, Bos Facebook Pasang Badan

Mark Zuckerberg, CEO Facebook (source: Facebook)

Technologue.id, Jakarta – Mark Zuckerberg pada Selasa, 17 Januari 2017, besok bakal hadir di persidangan. Melansir VentureBeat (15/01/17), CEO Facebook itu bakal bersaksi atas tuduhan pencurian ide yang dilakukan oleh Oculus VR, startup yang ia akuisisi seharga Rp 26,7 triliun pada 2014 silam.

Adalah Zenimax yang melaporkan protes ini. Mereka adalah perusahaan pembuat game dan kini sedang mengincar denda dengan nilai yang setara dengan nominal yang ia gelontorkan saat membeli Oculus.

Perwakilan Zenimax mengonfirmasi bahwa Zuck akan menghadiri persidangan tersebut. Lalu selang beberapa hari kemudian, giliran Palmer Luckey, CEO Oculus, yang bakal dipanggil.

Perkara hukum ini fokus pada CTO Oculus, John Carmack. Sebab sebelum menjadi keluarga besar Facebook, ia pernah bekerja mengoperasikan id Software, developer video game yang berstatus sebagai anak perusahaan Zenimax. Karya id Software yang cukup terkenal adalah “Doom” dan “Quake”.

Kepindahan John inilah yang dipermasalahkan. Zenimax menuding bahwa Oculus telah mencuri software dan rahasia lain dengan membajack John beserta lima pegawai id Software. Zenimax pun kian meradang karena informasi perusahaannya dinilai menjadi basis software virtual reality Oculus.

Kira-kira, akan seperti apa ya jalannya kasus ini?

 

Baca juga:

Tak Mau Didenda Miliaran Rupiah, Facebook Uji Fitur Anti-Hoax

Terbukti, Apple Lebih ‘Hijau’ dari Google dan Facebook!

Tiru Facebook, Twitter Berikan Fitur Menarik Ini