Technologue.id, Jakarta – Saat ini, sudah banyak opsi browser yang bisa dipakai netizen. Di desktop misalnya, ada nama-nama besar semacam Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Apple Safari, hingga Opera. Namun cara termutakhir yang dilakukan Opera untuk bersaing dengan aplikasi ternama di atas cukup unik.

Alih-alih memberikan fitur baru atau keunikan di aplikasi utamanya, mereka memilih untuk membuat konsep peramban anyar. Dinamai Opera Neon, browser yang satu ini dilabeli sebagai browser masa depan.

Perusahaan asal Norwegia yang sudah beroperasi lebih dari 20 tahun itu mem-branding Neon dengan tampilan yang lebih segar beserta serangkaian fiturnya yang menarik. Pertama, tabs yang dibuka di Neon akan disusun secara vertikal dengan visualisasi khas atau logo situs tersebut. Hal ini ditujukan agar user lebih mudah membedakan antar tab ketika membuka lima tab atau lebih.

Ada juga split screen mode yang mempersilakan Anda membuka dan berinteraksi dengan dua tab sekaligus serta snap-to-gallery yang mengizinkan Anda men-screenshot bagian dari situs yang Anda akses, meng-crop-nya, plus menyimpannya ke galeri. Sementara search engine dan bar search-nya kini sudah dijadikan satu.

Fitur yang Technologue.id rekomendasikan dari Neon adalah video player bawaannya. Dengan fitur ini, Anda bisa memutar video dari YouTube, Vimeo, serta semacamnya lalu menjadikannya video pop-up. Kerennya, video pop-up di Neon bisa di-drag dan disesuaikan ukurannya juga tidak akan ter-minimize walaupun membuka aplikasi lain.

Tampilan Opera Neon dengan music player (Technologue.id)

Bisa dibilang, Neon lebih mengedepankan aspek estetika ketimbang fungsi-fungsi berinternet yang lebih kompleks. Buktinya, tak ada fitur VPN, ad-blocker, dan ekstensi ala Opera yang disediakan di Neon.

Untuk saat ini, Opera Neon baru tersedia untuk komputer bersistem operasi Windows. Anda bisa mengunduhnya dari link ini.

 

Baca juga:

Awas! Fitur Autofill Browser Bisa Jadi Celah Keamanan

Anda Harus Upgrade OS, Kalau Tak Mau Ditinggal Firefox

Capai 50 Juta User Sedunia, Opera Max Punya Kado Buat Anda