Technologue.id, Jakarta – Lebaran tahun ini tampaknya semakin banyak orang Indonesia yang memanfaatkan teknologi untuk mempermudah dan menyambung silaturahmi lewat internet. Salah satu indikasinya adalah terjadinya pelonjakan layanan data dari para pengguna tiga operator telekomunikasi ternama Tanah Air, yakni Indosat Ooredoo, Telkomsel, dan XL Axiata.

Dari pernyataan resmi yang telah dikirimkan ketiganya pada redaksi Technologue.id, semuanya mengaku mengalami kenaikan layanan data yang lebih besar daripada hari biasa. Namun, bisa dibilang jaringan Indosatlah yang tersibuk selama Lebaran 2017.

Operator telco yang identik dengan warna kuning itu mengklaim ada peningkatan yang cukup besar dari traffic data saat hari Lebaran 2017, yakni 39,52 persen dibandingkan traffic harian.

Sementara di posisi kedua, ada Telkomsel dengan kenaikan arus data sebesar 27 persen, disusul XL Axiata dengan 15 persen.

Akan tetapi kalau ditinjau dari segi volume, jaringan Telkomsel boleh dibilang sedang padat-padatnya pada Lebaran tahun ini. Mereka menyatakan penggunaan layanan data pelanggannya menembus lebih dari 6.000 TB di hari Lebaran. Sedangkan XL menampung lebih dari 4.000 TB trafik data dan Indosat hampir 3.000 TB.

Di balik adanya kompetisi ini, secara keseluruhan ketiga perusahaan itu mengaku pada redaksi berhasil menyervis pelanggannya dengan baik saat hari istimewa bagi umat Muslim itu tiba, termasuk selama masa-masa mudik.

“Hingga saat ini, hampir tidak ada gangguan yang berarti terjadi di jaringan kami untuk semua jenis layanan, baik data, SMS, juga voice, meski terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan,” jelas Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya.

Sedangkan Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati, turut mengucap syukur karena pihaknya bisa maksimal mendukung silaturahmi digital pelanggannya. “Alhamdulillah jaringan kami berfungsi dengan baik untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan di momen Lebaran.”

Senada dengan Yosie dan Adita, Umar Hadi, Group Head Network Operations Indosat Ooredoo, juga puas perusahaannya telah memberikan yang terbaik pada 95,6 juta pelanggan Indosat se-Indonesia. “Performansi jaringan Lebaran Indosat Ooredoo yang dapat melayani pelanggan dengan baik ini tidak lepas dari upaya peningkatan kapasitas jaringan Indosat Ooredoo.”

 

Baca juga:

Menkominfo Pantau Langsung Kesiapan Jaringan Indosat Ooredoo Jelang Lebaran

Mulai Naik, Streaming dan Sosial Media Penuhi Trafik Layanan Telekomunikasi

Telkomsel: Media Sosial dan Video Streaming Laris Manis di Momen Lebaran