Technologue.id, Jakarta – Oppo Indonesia memperbarui smartphone A Series melalui kehadiran Oppo A9 2020.

Suwanto, Marketing Plan Manager Oppo Indonesia mengatakan, lewat Oppo A9, pihaknya menawarkan peningkatan dari sisi kamera, performa, dan desain, yang baru ini pertama kali dibawa oleh seri menengah Oppo tersebut.

“Oppo A9 pertama kali diluncurkan pada 2009. Di tahun ke-10 seri A ini, kami memberikan upgrade masif dari kamera, performance, pengalaman, dan desain,” ujar Suwanto, saat peluncuran Oppo A9 2020 di Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Oppo A9 2020 (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Dari sisi layar, Oppo A9 2020 mengusung panel OLED Panoramic berukuran 6,5 inci waterdrop screen dengan teknologi Sunlight Screen. Sunlight screen hadir untuk meningkatkan keterbacaan layar saat kondisi cahaya luar ruang memiliki intensitas yang sangat kuat. Sunlight screen juga akan menghadirkan warna yang sesungguhnya pada layar ketika digunakan pada lingkungan kurang cahaya. Pada kondisi ini, A Series 2020 juga secara otomatis akan mengaktifkan filter cahaya biru untuk melindungi mata pengguna dari kelelahan dan kerusakan mata.

Di bagian belakang, tampak modul kamera ganda yang berjajar vertikal. Penempatan empat buah sensor kamera ini menyerupai desain kamera pada Oppo Reno Series dan Oppo K3. Begitu pula logonya.

Quad camera di belakang terdiri dari kamera utama 48 megapiksel, 8 megapiksel Wide Angle 119 derajat, 2 megapiksel Mono Lens, dan 2 megapiksel Potrait Lens. Ini menjadikan lini seri A pertama yang membawa konfigurasi 48 MP dan Quad camera.

Kamera belakang Oppo A9 2020 (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Oppo sendiri mulai membawa sensor kamera 48 megapixel semenjak kehadiran perangkat F11 dan F11 Pro, kemudian sensor besar ini dibawa juga oleh lini seri Reno.

Modul empat kamera pada smartphone ini, dikatakan Suwanto, dapat bekerja bergantian secara otomatis atau dua kamera yang dapat beroperasi sekaligus secara bersamaan.

“Anda cukup memilih mode pemotretan pada interface kamera dan lensa kamera Oppo A9 mampu beradaptasi dengan segala sudut pengambilan, kondisi cahaya, dan skenario pemotretan apa pun termasuk pemotretan yang sulit seperti foto malam, foto pemandangan luas, dan foto wajah,” tuturnya.

Sementara kamera selfie Oppo A9 beresolusi 16 megapiksel.

Bicara dapur pacu, spesifikasi Oppo A9 ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 665 dan dipadukan dengan GPU Adreno 610.

Sedangkan untuk kapasitas penyimpanannya hanya tersedia satu pilihan yaitu RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Selain itu, ponsel terbaru ini punya baterai 5000 mAh yang didukung pengisian daya cepat VOOC Flash Charge 3.0 dan colokan USB-C.

Untuk software, sudah dibekali sistem operasi Android 9 Pie dan ColorOS 6.

Oppo A9 2020 akan tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Marine Green dan Space Purple. Perusahaan mematok harga smartphone ini yaitu Rp 3,999,000.

Sesi pre order telah dimulai hari ini, 17 September 2019, sementara penjualan perdananya bakal digelar pada 20 September mendatang.