Technologue.id, Jakarta – Dewasa ini, kecanggihan smartphone dapat dinilai dari pelbagai aspek. Anda mungkin suka menganggap suatu gadget bagus dari kameranya, besaran RAM dan memori internalnya, atau tipe prosesornya. Namun jangan lupa, keamanan suatu smartphone juga bisa jadi pertimbangan utama.

Ambil contoh Oppo F3, smartphone berkamera depan ganda bikinan vendor asal Tiongkok yang belakangan sedang naik daun. Gawai itu sebenarnya sudah cukup menggoda dari segi dual-camera 16MP+8MP-nya, kombinasi RAM dan ROM 4GB dan 64GB plus slot microSD, serta prosesor MediaTek MT6750T Octa-Core. Walau demikian, Oppo masih melengkapinya dengan sistem keamanan lain.

Baca juga:

Gampang Jadi Vlogger, Cuma Butuh Smartphone Ini Saja!

Yang pertama, ada sensor pemindai sidik jari, yang bisa melindungi ponsel Anda dari pihak-pihak tak bertanggung jawab. Adanya fingerprint sensor yang ditanamkan di tombol home Oppo F3 itu tak cuma memproteksi dari penguncian layar, tetapi hingga file dan aplikasi tertentu.

Di samping itu, brand yang sudah masuk lima besar di pasar smartphone global ini turut menyediakan Oppo Cloud. Fitur yang biasa disebut O-Cloud saja ini pada dasarnya adalah sistem komputasi awan dengan beragam fungsi: penyimpanan file di cloud storage hingga 5GB, pencadangan kontak, dan yang terpenting adalah Find Phone.

Oppo F3 Anda Dicuri? Lacak Sendiri di Mana Keberadaannya!
Fitur O-Cloud pada ponsel Oppo (source: Oppo)

Baca juga:

Oppo F3 Pas Buat Anda Penggila Mobile Game, Ini Alasannya!

Inilah fitur yang memungkinkan Anda melacak di mana keberadaan Oppo F3 Anda andaikata hilang atau dicuri orang. Sebelum musibah itu datang, Anda harus mengaktifkan O-Cloud dulu melalui aplikasi O-Cloud yang ada di Oppo F3. Lalu mendaftarlah untuk mengantongi akun Oppo menggunakan alamat email yang valid dan password yang kuat. Kemudian, verifikasi registrasi O-Cloud ini lewat akun email Anda.

Seandainya Oppo F3 Anda hilang, login saja ke https://uc.oppo.com/login, lalu manfaatkan fitur Find Phone. Menggunakan fitur GPS pada ponsel, lokasi smartphone Oppo Anda pun dapat diketahui. Bila perlu, Anda bisa mengunci ponsel itu, mengirimkan pesan singkat ke layar agar orang yang memegang ponsel Anda mengembalikan sesuai arahan Anda, hingga menghapus data penting yang ada di dalamnya.

Oppo F3 Anda Dicuri? Lacak Sendiri di Mana Keberadaannya!
Tampilan laman O-Cloud via desktop (source: Oppo)

Baca juga:

Foto Jalan-jalan Makin Seru Pakai Oppo F3!

Asyik bukan memiliki ponsel yang canggihnya tak cuma dari segi kamera atau spesifikasinya?