Oppo Gelontorkan Dana Rp21 Triliun untuk Kembangkan Teknologi Ini

Technologue.id, Jakarta – Oppo semakin berambisi menelurkan inovasi. Vendor ponsel asal Tiongkok itu berkomitmen untuk meningkatkan nilai investasinya pada divisi penelitian dan pengembangan (R&D) dengan besaran 10 Milyar RMB atau setara dengan Rp21 triliun pada tahun mendatang.

Peningkatan investasi ini diumumkan oleh Tony Chen, Founder dan CEO Oppo, usai perusahaan sukses melakukan panggilan video 5G pertama di dunia. Kenaikan nilai investasi ini merupakan terbesar dari tahun ke tahun dengan persentase peningkatan 150 persen.

Dengan melakukan peningkatan bidang R&D, Oppo akan mengembangkan keahlian teknisnya untuk meningkatkan kemampuannya pada kemajuan teknologi. Lebih lanjut, ia akan memanfaatkan AI untuk mengembangkan berbagai perangkat pintar, termasuk jam tangan cerdas dan teknologi rumah pintar, untuk mengeksplorasi dan memenuhi tuntutan konsumen yang semakin ketat di era Internet of Things (IoT).

Baca juga:

Oppo Manfaatkan 5G Lakukan Panggilan Video Multiparty

Sebagai perusahaan berbasis teknologi, Oppo berfokus pada pengembangan berkelanjutan seperti pada teknologi jaringan 5G. “5G adalah tren yang harus dianut Oppo. Selain berjuang untuk menjadi produsen pertama yang meluncurkan smartphone 5G, tahun mendatang, eksplorasi Oppo atas peluang aplikasi di era 5G + pada akhirnya akan membuka berbagai kesempatan baru pada pengembangan jaringan 5G,” ujar Tony Chen.

Oppo sendiri membentuk tim 5G pada awal 2015 dan memulai penelitian dan pengembangan sejak awal kehadiran teknologi 5G. Ketika standar 5G telah dibekukan pada bulan Desember 2017, perusahaan dengan cepat berinvestasi dalam pengembangan produk 5G, dengan memimpin dalam mewujudkan intergrasi sinyal 5G dan jaringan data pada bulan Agustus 2018 sebelum mewujudkan koneksi smartphone 5G pertama pada bulan Oktober yang lalu.

Baca juga:

Perbandingan Spesifikasi Oppo A7 vs Xiaomi Mi 8 Lite, Jagoan Mana?

Produsen seri F ini telah menerapkan teknologi AI di berbagai aplikasi termasuk fotografi, pengenalan wajah dan identifikasi sidik jari sambil memperkenalkan banyak fitur inovatif termasuk fitur percantik pada kamera depan 3D portrait lighting dan pengenalan cerdas.

“Manfaat yang dibawa oleh teknologi AI akan benar-benar terwujud di era 5G. Untuk Oppo, AI adalah kemampuan dan pola pikir, dan prospek pengembangan kami untuk AI sangat luas,” ungkap Tony Chen.

Baca juga:

Review: Oppo F9, Manjakan Penikmat Konten Multimedia

Dengan menggunakan AI untuk terus mempelajari kebiasaan pengguna, smartphone produksinya nanti dapat secara proaktif memberikan layanan yang lebih baik dan pengalaman yang lebih personal.

Tony Chen juga menekankan komitmennya untuk menjadi pemimpin di era di mana 5G, AI dan IoT akan diterapkan secara luas. “Di masa depan, Oppo akan sepenuhnya akan mengintegrasikan inovasi teknologi dengan seni dan kemanusiaan, mengembangkan perangkat pintar dan rumah pintar dengan smartphone sebagai intinya, dengan dasar untuk memenuhi harapan orang pada kehidupan yang lebih baik.”

Recent Articles

Aksi Nyata TikTok Dukung Kreator Kulit Hitam

Technologue.id, Jakarta - TikTok mengambil serangkaian tindakan untuk mengatasi kritik bahwa algoritma rekomendasinya menekan kreator kulit hitam. Langkah-langkah ini...

Bos Sony: Harga PS5 Tak Mungkin Murah

Technologue.id, Jakarta - Bocoran terkait PlayStation 5 jamak beredar menjelang peluncurannya beberapa bulan lagi. Kali ini, muncul informasi yang menyebut konsol terbaru...

OPPO Luncurkan Versi Resmi ColorOS 7 Berbasis Android 10, Penyempurnaan dari Versi Uji Cobanya

Technologue.id, Jakarta - Setelah memperkenalkan versi uji coba ColorOS 7 pada bulan November lalu, OPPO akhirnya siap meluncurkan versi resmi dari update...

Karyawan Facebook Walkout Virtual Gara-gara Postingan Donald Trump

Technologue.id, Jakarta - Karyawan Facebook mengambil sikap terhadap kepemimpinan Mark Zuckerberg dalam menghadapi postingan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.Ratusan karyawan melakukan aksi...

Percepatan Digitalisasi Indonesia, Telkom Modernisasi Jaringan di Kota Serang dan Kabupaten Lebak

Technologue.id, Jakarta - Di tengah kondisi pandemi COVID-19, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) tetap mengoptimalkan operasional network, salah satunya fiberisasi jaringan...

Related Stories