Technologue.id, Jakarta – Hingga saat ini, teknologi layar buatan Samsung masih menjadi primadona lantaran belum ada yang bisa mengalahkan konsep infinity display, yakni adanya lengkungan pada samping kiri dan kanan. Namun ke depannya, Oppo ingin menciptakan teknologi layar yang lebih canggih.

Mengutip dari GSMArena (14/09/19), Oppo baru saja mengusulkan sebuah paten yang memungkinkan seluruh bagian ujung layar berbentuk lengkungan, atau yang disebut dengan konsel 3D waterfall display. Bahkan tak cuma itu, nantinya seluruh permukaan layar pun bisa saja tak memiliki bezel sama sekali.

Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, Oppo pun dikabarkan tengah mengembangkan teknologi yang memungkinkan mereka untuk meletakkan sensor tepat di bawah layar. Pasalnya, selama ini bagian atas layar smartphone biasanya digunakan untuk kamera depan, sensor cahaya, sensor infrared, dan lain-lain untuk mendeteksi keadaan di sekitar.

Sensor cahaya dan infrared pada bagian depan sendiri selama ini digunakan untuk mendeteksi intensitas cahaya sehingga smartphone bisa menyesuaikan tingkat kecerahan secara otomatis sesuai dengan keadaan sekitar.

Sementara untuk menyembunyikan kamera depan, Oppo sebelumnya sudah sempat memberikan sedikit bocoran mengenai penggunaan kamera di bawah layar melalui ajang tahunan Mobile World Congress di Shanghai beberapa waktu lalu. Dengan begitu, bukan tidak mungkin nantinya Oppo akan memiliki lini smartphone yang memiliki rasio layar terhadap bodi mencapai angka 100 persen.