OPPO Luncurkan ColorOS 11 ke Pasar Global, Inilah Fitur Lengkapnya

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – OPPO luncurkan all-new ColorOS 11 secara global, hadirkan pembaruan Android 11 terkini. Mengusung tema “Make Life Flow“, ColorOS 11 mempertahankan fitur-fitur stock Android favorit, sekaligus menyediakan UI Customization lengkap. Peluncuran ini menyusul pengumuman Google Android 11, yang merupakan hasil kolaborasi kedua perusahaan raksasa tersebut, yaitu mengekseskusi peluncuran dalam waktu singkat. Berikut fitur lengkap dari ColorOS 11.

Fitur Baru ColorOS 11 di Android 11

Google bawa banyak fitur di Android 11, dan semuanya ada di ColorOS 11. Pengguna bakal lihat tampilan Conversations khusus di bagian atas jendela notifikasi, chat bubbles, dan menu power sebagai dashboard untuk smart home control.

Fitur privasi dan keamanan juga ditambahkan. Pengguna mendapatkan izin satu kali untuk kamera, mikrofon, lokasi, penyimpanan terbatas untuk batasi aplikasi mengakses seluruh sistem file, dan izin auto reset untuk aplikasi yang sudah lama tidak digunakan.

OPPO menambah fitur baru untuk privasi, Private System. Fitur ini sebenarnya untuk membuat akun pengguna kedua di ponsel, menyimpan versi aplikasi dan datanya sendiri. Pengguna harus pakai PIN dan sidik jari yang beda untuk masuk ke Private System, dan fitur ini merupakan cara yang pas untuk kerja dan profil pribadi. Fiturnya sendiri akan tersedia mulai pada Bulan November.

Pemanfaatan memori ditingkatkan hingga 45%, peningkatan response rate sebesar 32%, pengoptimalan ini untuk memastikan UI bekerja maksimal untuk tampilan dengan kecepatan refresh yang tinggi.

Dark Mode yang Bisa Diubah

ColorOS 11 punya tambahan fitur dark mode yang bisa diubah, pengguna bisa pilih dari tiga profil warna yang berbeda seperti Enhanced, Medium, dan Gentle. Enhanced adalah pilihan default yang dihitamkan, Medium lebih terang, dan Gentle merubah warna ke skema abu-abu.

UI secara otomatis akan menyesuaikan background dan ikon sesuai opsi yang dipilih, tapi jika pengguna bukan penggemar dark mode default, ada fitur penyesuaian tambahan di ColorOS 11. Pengguna bisa atur dark mode terjadwal saat matahari terbenam hingga matahari terbit atau mengatur jadwal lain.

Bikin Sendiri Background, Ringtone, dan AOD Style di ColorOS 11

ColorOS 11 punya tools canggih agar pengguna bisa bikin wallpaper, tema, ringtone, icon style, bahkan pola Always On Display-nya sesuai selera. Kemampuan untuk membuat nada dering sendiri sangat menarik, seperti pilihan buat bikin pola berbeda untuk AOD.

Jika ingin buat background yang unik, pengguna cukup mengunggah foto, dan algoritma khusus akan menganalisis warna dan membuat background yang unik. ColorOS 11 juga bisa menyesuaikan warna aksen yang mirip dengan OxygenOS, fitur ini amat membantu dalam mengubah tampilan.

Fitur Terjemahan Instan ColorOS 11

Di ColorOS 11 ini ada fitur yang bikin pengguna bisa menerjemahkan secata instan dari screen content dengan gerakan tiga jari. Tampilan akan menangkap layar, membuka Google Translate, dan menerjemahkan teks secara otomatis. OPPO mengatakan, ini merupakan fitur khusus dengan Google, dan ini cara terbaik untuk menerjemahkan tanpa masuk ke Translate. Google Translate juga ditambahkan ke smart sidebar, jadi lebih mudah diakses.

Super Power Saving Mode yang Menambah Waktu Penggunaan Baterai

ColorOS 11 punya mode battery saver yang bisa perpanjang masa pakai baterai, dan juga mendapatkan Super Power Saving Mode sekunder yang membawa segalanya ke tingkat yang baru. Mode ini membuat pengguna memilih enam aplikasi untuk dijalankan dalam skenario baterai rendah, mode ini akan mematikan semua aplikasi di latar belakang untuk mengurangi penggunaan baterai.

Jadi, meskipun tingkat baterai ponsel rendah, dengan mengaktifkan Super Power Saving Mode ini membantu pengguna lebih lama memakai ponsel dengan daya baterai tipis. OPPO mengatakan, penggunaan WhatsApp dapat diperpanjang hingga 90 menit bahkan dengan baterai rendah hingga 5% dengan mengaktifkan mode ini.

Ada juga fitur Pelindung Baterai yang memperpanjang masa pakai baterai ponsel. Ketika pengguna mencolokkan smartphone di malam hari, baterainya terisi hingga 80%, dan kemudian 20% sisanya terisi sebelum pengguna bangun, memastikan telepon tidak dicolokkan bahkan setelah terisi penuh.

Fitur ini merupakan teknologi yang sama untuk OnePlus pada seri OnePlus 8, dengan fitur khusus bernama optimized charging. Fitur ini ditambah ke dalam OxygenOS, dan sangat tepat saat ColorOS punya fitur yang sama.

Floating Windows untuk Multitasking Lebih Baik

Floating windows sangat bagus untuk multitasking, dan ColorOS 11 mengambil fitur tersebut. OPPO menyebutnya FlexDrop, pengguna punya opsi untuk mengubah ukuran aplikasi agar pas di layar. Aplikasi tersebut kemudian akan ditimpa pada aplikasi lainnya yang sedang digunakan. Samsung juga punya fitur yang sama di One UI 2.0 dan Xiaomi di MIUI 12.

OPPO Relax 2.0 di ColorOS 11

OPPO Relax membuat pengguna bersantai dengan white noise, ColorOS 11 dapat menangkap suara kota. OPPO bekerja sama dengan Music City untuk menambahkan suara Tokyo, Bangkok, dan Reykjavik ke dalam aplikasi, dan pengguna bisa pilih berbagai suara. Di Relax 2.0 juga, pengguna bisa bikin profil white noise custom, dengan kemampuan untuk memilih durasi dan menyesuaikan suara sesuai keinginan pengguna.

Public Beta ColorOS 11 Sudah Tersedia

Public beta ColorOS 11 telah diluncurkan untuk seri Find X2, dan seri Reno 3 yang akan ditambahkan sebelum akhir bulan September. Seperti merek lainnya, OPPO pun bikin update Android 11 tersedia di perangkat terbarunya lebih dulu. Meskipun ColorOS 11 secara teknis adalah beta, build itu sendiri didasarkan pada rilis Android 11.

Satu hal yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa rilis beta tidak akan tersedia di pasar Eropa, OPPO membatasinya ke negara di Asia seperti India, Indonesia, Thailand, Malaysia, dan China. OPPO mengatakan tidak dapat menawarkan build di Eropa karena pedoman GDPR, tetapi build yang stabil harus menuju ke pasar ini setelah tersedia.

Update ColorOS 11 Stabil Bakal Rilis Sebelum Akhir Tahun 2020

OPPO berkomitmen untuk hadirkan ColorOS 11 build yang stabil ke batch pertama perangkatnya sebelum akhir tahun 2020. Public beta dimulai untuk Find X2 dan Reno 3 dimulai pada akhir bulan, pengguna akan dapatkan update stabilnya pada akhir Oktober atau sekitar bulan November.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories