Oppo Mau Selamatkan Cagar Budaya Indonesia, Caranya?

Aryo Meidianto, Media Engagement Oppo Indonesia, bersama pihak dari BNI 46 & Data Script (source: Oppo)

Technologue.id, Jakarta – Seperti yang mungkin telah diketahui bersama, Indonesia adalah negara dengan kekayaan budaya yang melimpah. Candi Borobudur dan Prambanan, misalnya, sudah diakui sebagai bagian dari Situs Warisan Dunia (World Heritage Sites) oleh UNESCO. Itu baru yang populer, padahal masih banyak peninggalan budaya yang mengagumkan tetapi belum terekspos.

Menariknya, ketika tak banyak perusahaan teknologi berupaya menyelamatkan mahakarya masa lalu Indonesia, Oppo mengambil jalan yang tidak umum. Vendor smartphone dari Tiongkok itu ternyata punya komitmen untuk menjaga pelestarian cagar budaya yang sarat akan sejarah.

Bekerja sama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) 46, Oppo menggelar kontes fotografi yang bertempat di Gedung BNI 46 Jl. Lada No.1 Jakarta Barat pada 8 Juli 2017 kemarin. Kebetulan, gedung BNI 46 wilayah Jakarta Kota sendiri merupakan salah satu bangunan yang dilindungi pemerintah.

Kontribusi Oppo dalam menyelamatkan cagar budaya Tanah Air ini berupa pemanfaatan teknologi fotografi produknya yang tak kalah dengan perangkat fotografi profesional. Sebab dewasa ini, makin banyak masyarakat yang memanfaatkan kamera ponselnya untuk berfoto di tempat atau bangunan bersejarah. Kemudian, foto tersebut biasa diunggah ke media sosial dan diharapkan bakal lebih banyak orang yang aware akan peninggalan sejarah tersebut.

Aryo Meidianto di atas panggung BNI 46 Heritage Digital Photography Contest (source: Oppo)

“Oppo menganggap dokumentasi memiliki peran yang sangat penting dalam upaya pelestarian cagar budaya. Hasil sebuah dokumentasi fotografi akan lebih mudah dalam memberikan gambaran sejarah. Terlebih lagi di era modern sekarang ini, fotografi dipermudah dengan kehadiran perangkat smartphone,” jelas Aryo Meidianto, Media Engagement Oppo Indonesia, dalam rilis yang disampaikan pada Technologue.id (10/07/17).

Asyiknya, peserta yang terdiri dari umum maupun pelajar atau mahasiswa itu tak cuma diberi wadah untuk unjuk gigi dan mengeksplorasi kemampuan fotografinya. Sebab, Oppo dan BNI 46 turut mengadakan workshop fotografi digital. Adapun hadiah total yang diperebutkan di BNI 46 Heritage Digital Photography Contest, yakni senilai Rp26 juta, dengan pemenang pertama dari setiap kategori mendapatkan perangkat Oppo F3 edisi spesial Reza Rahadian.

 

Baca juga:

Dijual Lebih Murah, Segini Harga Oppo “Spider-Man”

Cuma 600 Unit, Edisi Spesial Oppo F3 Ini Siap Diperebutkan Kaum Hawa

Oppo Siapkan Smartphone Kamera Ganda Kelas Menengah