Technologue.id, Jakarta – Oppo secara resmi meluncurkan generasi kedua dari Reno Series di Indonesia. Menyandang nama Reno 2 Series, ada dua varian yang diluncurkan oleh Oppo yaitu Reno 2 dan Reno 2F. Keduanya mengusung kemampuan fotografi dan videografi sebagai fitur unggulan yang dimilikinya.

“Setelah sebelumnya kami meluncurkan Oppo Reno series beberapa bulan lalu, kami telah melakukan perubahan besar untuk menyentuh target market yang dituju. Hari ini kami meluncurkan Oppo Reno 2 yang akan dilengkapi fitur untuk fotografi dan videografi,” ujar Stiffen Andika, Brand Planning Manager Oppo Indonesia, saat acara peluncuran Reno 2 Series, di Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Kedua ponsel ini memiliki persamaan di segi ukuran layar, kamera selfie, baterai, sistem operasi yang dijalankan, dan jumlah kamera belakang.

Oppo Reno 2 (Choiru Rizkia / Technologue.id)
Oppo Reno 2F (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Baik Reno 2 maupun Reno 2F sama-sama dibekali dengan layar 6,53 inci dengan panel AMOLED, kamera depan 16 megapiksel, baterai jumbo 4.000 mAh (fast charging VOOC 3.0 20W), sistem operasi Android 9.0 Pie (Color OS 6.1), dan empat kamera belakang.

Meski jumlahnya sama, namun keduanya memiliki spesifikasi kamera belakang yang berbeda. SoC serta kapasitas memori yang diusung pun juga berbeda.

Oppo Reno 2 dibekali dengan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera wide 48 MP (Sony IMX 586, lensa f/1.7) dengan OIS, kamera telephoto 13 MP (f/2.4), kamera ultra wide 8 MP, dan kamera monokrom 2 MP untuk efek portrait.

Yang menarik, penerus Reno keluaran pertama ini dilengkapi fitur Ultra Dark Mode untuk menghasilkan foto lebih jernih dan jelas saat kondisi minim cahaya.

“Foto malam hari seperti siang hari. Ultra Dark mode akan aktif ketika kondisi cahaya di bawah 5 lux,” jelas Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, dalam kesempatan acara yang sama.

Dijelaskan Aryo, dibandingkan dengan Reno Series sebelumnya, pada generasi kedua ini juga menonjolkan keunggulan di sisi perekaman video hingga penyuntingan video.

Reno 2 menawarkan fitur Ultra Steady Video menggunakan teknologi Hybrid Image Stabilization 1080p 60fps, sehingga proses perekaman video akan berlangsung stabil dan jernih.

Selain itu, ada pula Video Dynamic Zoom yang terdiri dari tiga mikrofon untuk mengurangi kebisingan atau noise pada suara video.

Kamera dengan mekanisme Shark Fin di Reno 2 (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Lebih lanjut, kamera selfie Oppo Reno 2 mengadopsi mekanisme pop-up dengan model mirip “sirip ikan hiu” atau Shark Fin, sama seperti ponsel Reno generasi sebelumnya. Kualitas kamera selfie ini adalah 16 MP.

Dapur pacunya diperkuat Snapdragon 730G, dengan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB.

Oppo Reno 2 dibanderol dengan harga Rp 7,999,000 untuk opsi warna Luminous Black atau Sunset Pink.

Tahap pemesanan awal telah dibuka mulai hari ini, 8 Oktober 2019. Smartphone premium high end ini akan tersedia pada 31 Oktober mendatang.

Oppo Reno 2F

Kamera belakang Oppo Reno 2F (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Berbeda dengan Reno 2, kamera 48 megapiksel pada Oppo Reno 2F mengandalkan sensor Samsung ISOCELL GM1, bukan Sony IMX 586. Selain dari itu, tiga kamera lain di Reno 2F terdiri dari 8 MP lensa wide angle, 2 MP lensa monokrom, dan 2 MP lensa Potrait.

Kamera selfie pop up Oppo Reno 2F (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Selain itu, kamera depannya juga menggunakan mekanisme pop-up konvensional. Namun bedanya penempatan kamera mencuat ini berada di tengah, mirip seperti kepunyaan F11 series. Kekuatan kamera depan juga diakomodir oleh sensor berkualitas 16 MP.

Berbeda dengan keluarga Reno lainnya, varian Reno 2F mengandalkan chip dari Mediatek yaitu Helio P70. SoC tersebut dipadankan dengan konfigurasi RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Dengan spesifikasi lebih rendah dibandingkan saudaranya, Oppo Reno 2F dilego sebesar Rp 5,399,000. Pre order telah dibuka mulai hari ini, 8 Oktober 2019. Sedangkan penjualan perdana digelar pada 18 Oktober 2019.