Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

Gadget New Product News Latest News Headline Spesifikasi

Oppo Reno 8 dan Reno 8 Pro Resmi Meluncur Secara Global

byZulfi Apriani - editorDwana Muhfaqdilla Jul 23, 2022

Technologue.id, Jakarta - Setelah resmi meluncur di pasar China pada Mei lalu, Oppo merilis Oppo Reno 8 series secara global. Terdapat dua model Oppo Reno 8 yang diluncurkan secara global, yaitu Oppo Reno 8 reguler dan Oppo Reno 8 Pro.

Terdapat sejumlah perbedaan yang ditemukan dari Oppo Reno 8 series yang diluncurkan di pasar China dan global. Lantas, apa saja perbedaan tersebut?

Pertama, peluncuran Oppo Reno 8 series versi global hanya menghadirkan dua model yakni versi Oppo Reno 8 dan Oppo Reno 8 Pro. Sedangkan di China, terdapat tiga model yaitu versi Oppo Reno 8, Oppo Reno 8 Pro, dan Oppo Reno 8 Plus.

Kedua, chip yang disematkan pada Oppo Reno 8 Pro di China adalah Snapdragon 7 Gen 1, sedangkan Oppo Reno 8 Pro versi global ditenagai oleh chip Dimensity 8100.

Terakhir, varian RAM dan kapasitas penyimpanan Oppo Reno 8 Pro versi China memiliki varian 8/128GB, sementara Oppo Reno 8 Pro versi global hanya memiliki satu varian yaitu 8/256 GB.

Baca Juga:
Bocoran Tanggal Peluncuran Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4

Dari segi layar, Oppo Reno 8 versi global mengusung layar panel AMOLED dengan bentang 6,4 inci. Resolusi layarnya Full HD Plus dengan refresh rate mencapai 90Hz. Smartphone ini memiliki layar berlubang (punch hole) yang disematkan di atas kiri layar.

Selanjutnya, desain di bagian punggung Oppo Reno 8 menggunakan bahan plastik sehingga memberi kesan matte di bagian belakang. Tidak ketinggalan, terdapat logo bertuliskan “Oppo” secara vertikal di bawah kanan punggung.

Selan itu, Oppo Reno 8 memiliki tiga kamera yang mempesona, yaitu kamera utama Sony IMX766 50 MP, f/1.8, dengan PDFAF omni-directional, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera macro 2 MP.

Sedangkan, untuk kamera seflie di bagian depannya adalah IMX709 32 MP. Kamera tersebut memiliki auto fokus yang lebih baik dan jangkuan yang lebih lebar.

Oppo Reno 8 ditenagai oleh Dimensity 1300 yang dirancang dengan fabrikasi 6 nm. Bagian CPU terdapat delapan inti dalam dua klaster yakni 4x Cortex A48 dan 4x Cortex A55. Sedangkan untuk GPU menggunakan generasi lama yakni Mali-G77 MC9.

Kabarnya, rangkaian chipset tersebut akan dipadukan dengan RAM 8 GB berjenis LPDDR4X dan kapasitas penyimpanan 256 GB (UFS 3.1). Namun, varian kapasitas penyimpanan ini tidak hadir di India, karena negara tersebut hanya akan menawarkan varian penyimpanan 128 GB.

Meski sama-sama mengadopsi model punch hole, akan tetapi punch hole pada Oppo Reno 8 Pro diletakkan di tengah atas layar. Selain bentuk model layar, bagian punggung ponsel Oppo Reno 8 Pro juga berbeda.

Bahan yang digunakan adalah kaca sehingga memberi aksen glossy untuk menciptakan nuansa yang lebih mewah dibanding versi reguler.

Selanjutnya ke sektor fotografi, Oppo Reno 8 Pro memiliki konfigurasi kamera yang sama dengan Oppo Reno 8 reguler yakni kamera utama 50MP, kamera ultra-wide 8MP, kamera macro 2MP, dan kamera selfie 32 MP.

Pada bagian dapur pacunya, Oppo Reno 8 Pro ditenagai oleh chipset Dimensity 8100-Max yang didesain dengan fabrikasi 5 nm. Chip tersebut memiliki delapan inti yang terdiri atas 4 Cortex-A78 dan 4 Cortex A55.

GPU yang disematkan adalah Mali-G610 MC6. Image Signalling Processor (ISP) dari Oppo Reno 8 Pro mampu menghasilkan gambar yang baik.

Baca Juga:
Pre-order Vivo X80 Series Dibuka

Untuk ketahanan daya, Oppo Reno 8 series memiliki kapasitas baterai sebesar 4.500mAh. Kedua jenis smartphone Oppo Reno 8 series dapat menggunakan fitur SuperVOOC 80 Watt sehingga pengisian daya dapat mencapai 50 persen dalam kurun waktu 11 menit.

Pengguna yang gemar bermain game, pengisian daya ponsel dapat dilakukan dalam waktu lima menit dan bertahan selama dua jam ke depan. Namun sayangnya, hanya beberapa negara-negara tertentu saja yang memiliki keluaran daya sebesar 66 Watt.

Lebih lanjut, kedua ponsel keluaran Oppo Reno 8 series tersebut memiliki fitur Ultra Clear Night Potret sehingga memungkinkan pengguna mengambil foto di saat kondisi yang minim cahaya. Adapun fitur pendukung lainnya adalah punya sistem keamanan pemindai jari (fingerprint) di bawah layar, Bluetooth 5.4, GPS, NFC, USB-C, jack audio 3.5mm.

Oppo Reno 8 reguler memiliki dua varian warna, yaitu Shimmer Gold dan Black. Sedangkan, Oppo Reno 8 Pro hadir dengan warna Glazed Green dan Black.

Harga Oppo Reno 8 versi global di India dibanderol 39.000 rupee (sekitar Rp 7,3 juta). Sementara harga Oppo Reno 8 Pro dibanderol seharga 46.000 rupee (sekitar Rp 8,6 juta) untuk versi 8/256 GB. Ponsel ini juga tersedia dalam varian RAM 12 GB.

#Oppo #SpesifikasiOppoReno #BocoranOppoReno #OppoReno8 #OppoReno8Pro

Baca Juga