Pakai Machine Learning di Forumnya, Kaskus Dukung Kemajuan AI Indonesia

Ilustrasi Kaskus (source: Kaskus)

Technologue.id, Jakarta – Sebagai salah satu forum digital tertua di Indonesia, Kaskus amat terbuka dengan inovasi baru dan terus berkomitmen untuk mengimplementasikan teknologi terkini. Hal ini tak lepas dari upaya menyamankan 9,8 juta membernya sekaligus memperbesar brand-nya. Bersama GDP Labs, kini platform yang sudah ada sejak 1999 itu mulai mengaplikasikan machine learning.

“Saat ini, Kaskus telah mengimplementasikan teknologi machine learning secara bertahap baik di Forum atau Jual Beli (JB). Sementara GDP Labs mengaplikasikannya dalam chatbots, aplikasi pendeteksi konten berita atau artikel viral dan juga topic modelling,” jelas On Lee, COO KASKUS yang juga menjabat sebagai CEO dan CTO GDP Labs, pada Technologue.id (11/07/17).

Kedua perusahaan yang berada dalam naungan GDP Venture tersebut lantas mendukung perkembangan machine learning di Indonesia. Salah satunya dengan menjadi suporter komunitas INACL (Indonesian Association for Computational Linguistics), komunitas yang berfokus pada bidang komputasi linguistik.

Kerja sama ini diwujudkan dalam bentuk dukungan Kaskus serta GDP Labs pada pelaksanaan The 3rd Workshop of Indonesian Association for Computational Linguistics yang dilaksanakan tanggal 12 dan 13 Juli 2017 di Universitas Bina Nusantara, Kampus Anggrek, Jakarta.

Workshop INACL ini mempertemukan beragam pakar, ahli, maupun ilmuwan, dari bahasa, Artificial Intelligence (AI), matematika, komunikasi sosial, psikologkognitif, psikolinguistik, anthropologists, hingga neuroscientists. Kehadiran komunitas INACL sendiri bertujuan untuk mendorong peningkatan komputasi linguistik khususnya Bahasa Indonesia dan bahasa daerah Indonesia.

 

Baca juga:

Baru, Kaskus Sediakan Aplikasi Chatting yang Bisa Transfer Uang!

Google Ingin Berantas Penganggguran

Cara Jadikan Facebook Messenger Sekretaris Pribadi Anda