Pandemi, Suntikan Dana untuk Startup Masih Besar

Editor : Denny Mahardy

Technologue.id, Jakarta – Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) mengungkap pandemi virus Corona tidak menghalangi startup untuk mendapatkan pendanaan. Meskipun jumlahnya memang mengalami penurunan.

Ketua I Amvesindo, William Gozali dalam acara diskusi pada Senin (2/11/2020), bahkan menyebut sejumlah startup mendapat pendanaan yang terbilang masih cukup besar karena memiliki potensi di era new normal.

Ia memaparkan setidaknya ada beberapa sektor favorit yang menarik perhatian investor, antara lain fintech, edutech, Software as a Service (SaaS), new retail, e-commerce, dan logistik.

Baca Juga:

Dukung Startup di Asia Pasifik, Microsoft Mengembangkan Inisiatif Highway to A 100 Unicorns


Keenamnya mendapat transaksi, mulai dari fintech yang mengantongi delapan transaksi, edutech dan SaaS masing-masing enam transaksi, new retail dengan lima transaksi, logistik empat transaksi dan e-commerce empat transaksi.

“Pendanaan sampai kuartal tiga masih cukup besar, walau mengalami penurunan. Beberapa sektor yang menarik perhatian investor dinilai mampu memberikan nilai tambah serta menyelesaikan masalah yang dihadapi pelanggan dan konsumen,” ujarnya.

Sejumlah sektor lain juga disebut akan terus berjaya di era pandemi seperti sekarang ini. Mereka adalah health, edutech, e-logistics, dan e-grocery. Disusul beberapa sektor lainnya yang memiliki peluang tumbuh pesat seperti beauty, social commerce, dan food-tech.

Baca Juga:

Ratusan Startup India Bergabung Lepaskan Cengkraman Google


Untuk diketahui, pada kuartal ketiga tahun 2020 ini Amvesindo mencatat pendanaan sudah sigulirkan sebanyak US$1,9 miliar. Angka ini memang lebih kecil dari periode yang sama tahun sebelumnya yakni mencapai US$2,9 miliar.

Meski begitu, William menyebut penurunan ini disebabkan karena investor menunda momen untuk berinvestasi, bukan karena turunnya minat. Ia menegaskan bahwa minat investor masih besar meskipun di tengah situasi seperti ini.

Latest News

Akhirnya, Redmi Bakal Bikin Handphone Gaming Pertamanya

Sebelumnya Redmi selalu dikaitkan dengan Xiaomi. Namun pada 2019 silam, Redmi pisah dari Xiaomi. Tak lama, Redmi merilis ponsel berkamera 48 megapiksel...

Amazon Siap Jadi Kurir Vaksin Covid-19

Pandemi virus corona masih menghantui banyak orang di dunia. Peneliti di berbagai negara pun terus melakukan riset untuk menemukan vaksin Covid-19. Dengan...

Sharp AQUOS Sense4, Ponsel Terjangkau dengan Kuliatas Premium

Sepanjang tahun 2020 lalu pasar Smartphone di Indonesia terlihat menggairahkan, terhitung sampai dengan bulan November 2020 kemarin penjualan smartphone mampu menyerap  angka...

Mulai Hari Ini, PlayStation 5 Dijual di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - PlayStation 5 resmi hadir di Indonesia. Konsol game Sony generasi teranyar ini sudah dapat dibeli mulai hari ini, Jumat...

Rilis Smartphone Harga Terjangkau, Sharp Yakin Bisa Bersaing di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Sharp dengan percaya diri hadir dengan Sharp AQUOS Sense4 untuk bersaing dengan pasar smartphone di Indonesia. Ponsel ini dilengkapi...

Related Stories