Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
PANDI dan ICANN Gelar APAC DNS Forum 2024 Bahas Masa Depan Internet
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) dan The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) akan menyelenggarakan Forum Domain Name System (DNS) kawasan Asia Pasifik (APAC) di Bali, Indonesia pada 23-24 Juli 2024.

ICANN merupakan organisasi non-profit internasional yang mengoordinir DNS serta memainkan peran kunci dalam pengoperasian dan keamanan internet global. Sementara itu, PANDI adalah Registri Nama Domain berkode negara Indonesia yakni .id.

Mengambil tema Building Bridges: Strengthening Collaboration to Shape the Internet’s Future, para pemangku kepentingan internet internasional dan regional akan berkumpul dalam acara APAC DNS Forum 2024 di Bali untuk menjajaki penguatan kerja sama, meraih peluang dari internet dan menghadapi tantangan yang akan terjadi.

Sebagai tulang punggung teknikal, DNS menyokong berfungsinya internet global serta membentuk perwajahan peluang dan inovasi yang ada. Terpeliharanya DNS yang terus menjalankan peran krusialnya di masa depan, tergantung pada kohesi dan kolaborasi antara industri, teknologi dan pemangku kepentingan.

Tanpa adanya kerja sama, interoperabilitas internet yang bersifat global dapat saja terancam. Perluasan sektor nama domain diharapkan dapat membuka peluang ekonomi dan menghilangkan batasan Bahasa untuk menghubungkan yang belum terhubung.

Forum ini juga mengeksplorasi bagaimana kawasan Asia Pasifik dapat memanfaatkan peluang dan berkontribusi dalam transformasi digital. Selain itu, Forum ini juga akan menjangkau pembahasan tentang pengaruh dari inisiatif legislasi dan regulasi terkait internet serta pentingnya model pemangku kepentingan dalam tata kelola internet.

“Sejalan dengan tema tahun ini, PANDI dan ICANN berperan sebagai penghubung antara Indonesia, ekosistem internet global, dan komunitas internet regional. Kolaborasi dan kerja sama seperti ini sangat penting untuk masa depan dari Internet,” kata John Sihar Simanjuntak, Ketua PANDI.

Ia mengatakan, forum ini secara istimewa juga akan menyajikan diskursus yang krusial untuk internet di masa depan, termasuk eksplorasi terkait penerapan dan pengintegrasian teknologi Blockchain yang relevan dan kontekstual dengan tata kelola internet global.

“Selain itu, kami sangat bersemangat untuk menyambut keterlibatan dan dukungan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk kesuksesan agenda ini,” katanya.

Baca Juga:
Waspada Pencurian Kredensial Karyawan Memanfaatkan Dropbox

Prev Next Page 1 of 2
SHARE:

Honda Janji Bawa 5 Mobil Baru di Ajang GIIAS 2024, Salah Satunya Model Konsep

Selain Manusia, Apple Watch Juga Bisa Mendeteksi Jantung Singa