Parah, Ribuan Data Penerima Vaksin Covid-19 Bocor

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Data penerima vaksin Covid-19 beredar luas di aplikasi perpesanan WhatsApp. Data tersebut terbilang lengkap dan bebas diakses oleh siapa saja.

Terdapat nama, alamat, nomor telepon, pekerjaan, hingga NIK. Tak tanggung-tanggung, ada lebih dari 2400 nama tercantum di dalamnya.

Terekspos-nya ribuan data penerima vaksin Covid-19 ini tentu bukan tanpa resiko. Ada bermacam aksi kejahatan yang siap mengintai.

Baca Juga:

Tiga Akun Medsos Kementerian Kena Hack, Satu Masih Lumpuh

Menurut Ketua Indonesia Cyber Security Forum (ICSF), Ardi Sutedja data-data yang bocor ini merupakan “tambang emas” bagi para pelaku kejahatan digital atau hacker.

Dijelaskan bahwa data-data ini nantinya bisa dipergunakan untuk melakukan serangkaian modus penipuan dengan mempergunakan medium teknologi.

“Kebocoran data yang terjadi tidak sederhana, sekedar data bocor, tidak. Ini merupakan awal dari kejahatan-kejahatan yang akan mengintai,” katanya kepada Technologue.id, Rabu (24/2/2021).

Ardi mengatakan bahwa data yang bocor ini tidak menutup kemungkinan bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman online.

Baca Juga:

Tips Aman Jaga Data Pribadi Agar Tidak Disalahgunakan


Kebocoran data ini bisa menjadi pintu masuk kejahatan tersebut, di mana nantinya pinjaman macet, yang ditagih adalah orang yang namanya disalahgunakan.

Ardi pun menyayangkan kejadian ini. Ia mengimbau kepada pihak terlibat (penyelenggara vaksinasi) segera melakukan audit menyeluruh untuk menentukan perbaikan prosedur dan tata kelolanya.

“Ini yang parah, masih banyak yang belum memiliki pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya perlindungan data pribadi,” pungkasnya.

- Advertisement -

Latest News

Permudah Traveler, Kemanayo Tawarkan Itinerary Digital

Technologue.id, Jakarta - Membuat atau mencari daftar kegiatan selama perjalanan (itinerary) makin mudah lewat marketplace. Salah satu itinerary marketplace...

Grab Suspend Merchant Bodong Berkedok Restoran Terkenal

Technologue.id, Jakarta - Pihak Grab Indonesia akhirnya angkat bicara mengenai penipuan berkedok restoran terkenal di dalam aplikasi GrabFood yang viral di media...

LINE Bank Telah Beroperasi di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - PT Bank KEB Hana Indonesia (Bank Hana) bekerja sama dengan LINE Corporation telah resmi menghadirkan layanan keuangan yang disebut...

Muncul di TENAA, Ini Bocoran Spesifikasi realme X9 Pro

Technologue.id, Jakarta - realme X9 Pro muncul di situs sertifikasi TENAA. Informasi spesifikasi smartphone tersebut pun kian gamblang. Seperti...

Error Saat Inggris vs Kroasia, Mola TV Bagi-bagi Kompensasi

Technologue.id, Jakarta - Siaran langsung pertandingan sepak bola yang mempertemukan Inggris vs Kroasia dalam laga Euro 2020 menuai protes dari penonton. Hal...

Related Stories