Pasar Desktop PC Bakal Terus Merosot?

Technologue.id, Jakarta – Sudah beberapa tahun ini pasar desktop Personal Computer (PC) terasa lesu, bahkan terus menerus terjadi penurunan dan ada yang sampai berpendapat bahwa PC akan segera kiamat. Baru-baru ini, hal tersebut pun dikuatkan oleh data baru.

Mengutip dari NextPowerUp (29/05/17), sebuah lembaga riset pasar ternama, IDC baru saja merilis data per kuartal tentang prediksi pasar perangkat komputer personal secara global.

Dari data yang dirilisnya, terlihat bahwa pangsa pasar PC nantinya akan mengalami pertumbuhan pada tahun 2019 mendatang.

Perlu diketahui, PC di sini mencakup arti yang luas sehingga tidak hanya mencakup komputer desktop, tetapi juga perangkat mobile seperti laptop konvensional dan laptop hibrida (laptop yang bisa menjadi tablet).

Lebih detailnya, IDC mencatat adanya pertumbuhan di pasar laptop hibrida dari 21,5 juta unit pada akhir tahun lalu menjadi 45,9 juta unit pada tahun 2019 mendatang.

Sementara untuk desktop PC, IDC memperkirakan penurunan popularitas masih akan terus terjadi. Pasalnya, walaupun masih terbilang cukup penting untuk beberapa sektor bisnis, eksistensinya akan banyak digantikan oleh perangkat mobile seperti laptop.

Menurut prediksi IDC, angka pendistribusian desktop PC akan merosot ke angka 15 juta per tahunnya pada tahun 2021 mendatang.

 

Baca juga:

VivoPC X, PC Berbentuk Konsol Buatan Asus

Pangsa Pasar PC Berbasis Windows Terus Merosot

Samsung Galaxy Book, PC Jinjing Andalan Eksmud