Pasar Ponsel China Turun Karena Virus Corona

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Pasar ponsel China dilaporkan mengalami penurunan di bulan Februari 2020. Pemerosotan penjualan tersebut merupakan dampak dari merebaknya wabah virus Corona.

Dilansir dari Gizchina pada Selasa (10/3/2020), China Academy of Information and Communications Technology menyebut penjualan ponsel China turun dari 12,72 juta per Februari 2019 menjadi 5,85 juta unit pada Februari tahun ini.

Baca Juga:
Wabah Corona Rusak Rantai Pasokan Ponsel

Dikatakan bahwa penurunan tersebut karena banyak pabrik ponsel yang tutup selama epidemi Corona di negeri China. Selain itu, pelarangan bepergian bagi warga untuk menghindari penyebaran virus Corona juga ikut andil dalam penurunan ini.

Selain ponsel China, Apple juga dikabarkan mengalami penurunan penjualan. Perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut menjual 6,34 juta unit ponsel di Februari 2020 ini atau turun 54,7 persen dari 14 juta pada bulan yang sama tahun lalu.

Bahkan, toko-toko Apple di China ditutup selama setidaknya dua pekan pada Februari karena meningkatnya kekhawatiran atas epidemi tersebut.

Baca Juga:
Gara-Gara Corona, Apple Kehabisan Stok iPhone

Perusaahn IDC dan Canalys sebelumnya telah memprediksi penurunan pengiriman ponsel karena wabah virus Corona. Penurunan tersebut mencapai 40% pada kuartal pertama 2020.

Untuk kembali meningkatkan penjualan di 2020 ini, IDC berkeyakinan bahwa smartphone 5G akan menjadi kunci keberhasilannya.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories