Pasar Ponsel Dunia Turun Gegara Corona

Technologue.id, Jakarta – Lembaga riset IDC baru saja merilis data pasar ponsel global di kuartal pertama 2020. Data menunjukan bahwa pengiriman ponsel dunia menurun hingga 11,7% atau hanya 275,8 juta unit dari tahun sebelumnya.

Dilansir dari Gizchina pada Sabtu (2/5/2020), penurunan ini merupakan yang terbesar dalam sejarah sepanjang tahun. Meskipun memang pada kuartal pertama cenderung mengalami penurunan.

Baca Juga:

Samsung dan Huawei Dominasi Ponsel 5G

IDC melihat penurunan ini merupakan dampak dari wabah virus Corona yang menyebar di seluruh dunia. Dimana memang puncak wabah virus asal China ini terjadi pada kuartal pertama 2020.

Berdasarkan wilayah, pada kuartal pertama ini pasar China mengalami penurunan yang terbesar dibanding yang lainnya. Penurunan terjadi sekitar 20,3% dari tahun sebelumnya.

Baca Juga:

Gegara Corona, Samsung Pangkas Pesanan Komponen

“Karena pasar China menyumbang hampir satu per empat dari pengiriman ponsel global, ini memiliki dampak yang sangat besar ponsel di seluruh dunia. Pasar Amerika dan Eropa turut terdampak dengan masing-masing turun 16,1% dan 18,3%,” ujar IDC.

Meski begitu, IDC mencatat saat ini pasar ponsel dunia mulai membaik dan sedang berada di fase pemulihan seiring dengan berkurangnya kasus baru virus corona. Pertumbuhan diprediksi baru akan terlihat pada kuartal ke empat tahun 2020 ini.

Latest News

Tim Cook Bagikan Foto Para Pemilik Pertama iPhone 12

Technologue.id, Jakarta - Bos Apple, Tim Cook membagikan foto para pemilik pertama iPhone 12 yang baru saja diluncurkan. Foto itu ia unggah...

Realme Siap Luncurkan Smartphone Narzo 20 dan Produk AIoT

Technologue.id, Jakarta - realme hari ini mengkonfirmasi akan meluncurkan realme narzo 20 dan realme narzo 20 Pro khusus untuk gamer muda.

WhatsApp Boyong Fitur Baru di Versi Website

Technologue.id, Jakarta - WhatsApp dikabarkan akan segera menghadirkan dua fitur tambahan di versi websitenya. Fitur tersebut adalah video call dan voice call...

Hacker Rusia dan Iran Kompak Susupi Pilpres AS

Technologue.id, Jakarta - Pemilihan Presiden (Pilpres) AS dikabarkan telah disusupi oleh sindikat hacker asal Rusia dan Iran. Mereka telah berhasil masuk ke...

Chairman Samsung Lee Kun-hee Tutup Usia

Technologue.id, Jakarta - Chairman Samsung Electronics Lee Kun-hee tutup usia pada usia 78 tahun pada hari Minggu (25/10). Ia meninggal setelah menjalani...

Related Stories