Technologue.id, Jakarta – Ramalan pasar smartphone tahun ini tak jauh dari kata suram. Diprediksi bakal mengikuti tren tahun 2017, shipment ponsel pintar di akhir 2018 belum akan membaik secara global.
IDC memperkirakan “hanya” ada 1,462 triliun unit smartphone yang dikapalkan dari pabrik produsen. Jumlah itu lebih rendah dari shipment tahun 2017 yang mencapai 1,465 triliun unit.

Baca juga:

2019, Puluhan Vendor Siap Rilis Smartphone 5G

Apa sebabnya? Menurut perusahaan analis pasar itu, lesunya pasar China tahun 2017 lalu adalah salah satu faktornya. Untuk 2018, negara dengan penduduk terbesar di dunia itu pun disinyalir belum akan kembali fit. Shipment global hanya bakal disokong oleh India yang tengah hangat-hangatnya karena penetrasi smartphone di sana masih rendah.

Baca juga:

- Advertisement -

Penjualan Smartphone Samsung dan Oppo Turun, Xiaomi Bagaimana?

Namun, mengutip Eweek.com (31/05/2018), mulai 2019, pasar smartphone diduga akan bergairah kembali dengan pertumbuhan sekitar 3 persen. Dari analisis IDC, komersialisasi smartphone yang sudah mendukung jaringan 5G-lah yang bakalan membuat konsumen berhasrat membeli gadget baru. Smartphone 5G sendiri kemungkinan hadir pada semester kedua 2019.

Dari pantauan redaksi, memang sejumlah vendor sudah terendus sedang menyiapkan handset 5G, mulai dari Asus, Xiaomi, Vivo, Oppo, ZTE, hingga Sony. Di antara nama-nama itu mungkin ZTE akan jadi penyedia produk itu yang pertama. Mereka telah mengonfirmasi sebelumnya kalau pihaknya siap memperkenalkan device 5G pada awal 2019.

Baca juga:

Samsung Galaxy S9 Smartphone Terpopuler April 2018, iPhone X?

Apakah Anda tertarik untuk teknologi baru ini tahun depan?