Technologue.id, Jakarta – Ada paparan menarik yang dilemparkan oleh International Data Corporation (IDC). Menurut perusahaan riset ternama itu, penjualan smartphone memang diramalkan akan tumbuh 3,1 persen selama 2016.

Namun, jumlah itu ternyata lebih rendah kalau dibandingkan dengan tahun lalu, di mana penjualan ponsel pintar naik hingga lebih dari 10 persen.

Alasannya, mengutip rilis pers IDC (6/6/16), adalah lemahnya pasar besar smartphone dunia. Pertumbuhan market seperti di Amerika Serikat dan Tiongkok diyakini tak akan mencapai dua digit.

Alhasil, kisaran handset yang bakal terjual tahun ini cuma 1,48 miliar. Jumlah itu hanya selisih sedikit dengan penjualan smartphone secara global di tahun 2015, yakni di 1,43 miliaran.

Menariknya, IDC juga memantau kalau konsumen makin suka membeli smartphone secara online. Tren ini menyeruak sejak tahun lalu dan akan berlanjut di tahun ini.

“Smartphone yang dijual online naik 65 persen pada 2015 dan diprediksi 12 persen smartphone yang terjual tahun ini dilakukan via online,” terang Ryan Reith, Vice President IDC.