Technologue.id, Jakarta – Kondisi jaringan telekomunikasi Telkomsel dikabarkan sudah berangsur normal pasca banjir Jabodetabek. Layanan suara, SMS, dan internet Telkomsel sudah bisa dinikmati pelanggan termasuk wilayah Bekasi yang sempat mengalami penurunan kualitas jaringan.

Aldin Hasyim, GM External Corporate Communications Telkomsel, pada Jumat (3/1/2019), mengatakan, Tim teknis Telkomsel terus melakukan pengecekan untuk pemulihan layanan secara menyeluruh. Perangkat pendukung terutama untuk pasokan listrik cadangan seperti genset juga sudah disiagakan dan diaktifkan di sejumlah titik BTS yang masih terdampak.

Baca Juga:
Tips Aman dari Sengatan Arus Listrik Selama Banjir

Aldin mengaku saat ini pihaknya memprioritaskan pengamanan kualitas jaringan di sejumlah objek vital seperti posko penanggulangan bencana, bandara, serta instansi terkait yang membutuhkan akses telekomunikasi intensif.

Selain itu, disebutkan bahwa Telkomsel telah mengoperasikan tim unit siaga bencana, yaitu tim TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity) untuk mendukung proses evakuasi korban terdampak bencana banjir Jabodetabek terutama di wilayah Bekasi.

Baca Juga:
Layanan Indosat Ooredoo Alami Gangguan Akibat Banjir

“Untuk membantu masyarakat terdampak banjir, Management Telkomsel juga sudah mulai mendirikan Posko Siaga yang menyediakan layanan telepon gratis, free charging, penyediaan produk dan layanan Telkomsel, serta kebutuhan logistik di sejumlah titik posko penampungan korban banjir,” Ujar Aldin.

Sebelumnya, banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Jabodetabek sejak Rabu (1/1/2020) menyebabkan infrastruktur dan layanan telekomunikasi mengalami gangguan. Beberapa BTS seluler terganggu karena PLN melakukan pemutusan aliran listrik demi keamanan dan keselamatan masyarakat.