HomeAppsPasca Groove Music Ditutup, Cortana Tak Dapat Mengidentifikasi Lagu

Pasca Groove Music Ditutup, Cortana Tak Dapat Mengidentifikasi Lagu

Technologue.id, Jakarta – Cortana memiliki banyak fitur dan pengenalan lagu yang digunakan. Anda bisa meminta Cortana untuk mendengarkan sebuah lagu dan memberi tahu Anda dari mana asalnya dan nama penyanyinya. Sayangnya, hal itu tak mungkin lagi terjadi. Cortana tidak bisa lagi mengidentifikasi lagu sesuai permintaan. Hal ini dikarenakan keputusan Microsoft untuk mematikan layanan Groove Music-nya.

Menyadur laman Ubergizmo.com (06/12/2017), semua pengguna Groove Music dialihkan ke Spotify pada akhir tahun 2017 lalu dan layanan tersebut kemudian ditutup. Shutdown ini mengakibatkan Cortana tidak bisa lagi mengidentifikasi sebuah lagu.

Baca juga:

Pengguna Android Ternyata Punya “Cinta Terpendam” ke Microsoft

Baca juga:

Microsoft Siapkan Smartphone Lipat dengan Layar Ganda, Kapan Rilis?

Fitur identifikasi ini dapat Anda aktifkan dengan menekan ikon musik di antarmuka Cortana saat sebuah lagu diputar. Kemudian Cortana akan mengidentifikasi lagu dari perpustakaan Groove dan menunjukkan hasil yang relevan.

Ketika layanan Groove Music ditutup, tidak ada perpustakaan yang tersedia untuk Cortana agar sesuai dengan lagu tersebut. Penghapusan fitur ini telah dikonfirmasi oleh John Deakins yang merupakan teknisi software di tim Cortana. John mengatakan bahwa fitur identifikasi musik Cortana sudah dinonaktifkan pasca ditutupnya Groove Music.

Baca juga:

Microsoft: Selamat Tinggal, Password!

Jika Anda menekan ikon musik, maka akan muncul notifikasi “Lagu tidak dikenali” serta menginformasikan kepada pengguna bahwa layanan tersebut telah dihentikan. Sangat disayangkan bagi pengguna Windows 10 tak lagi memiliki asisten virtual yang dapat mengindentifikasi lagu.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More