Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
PDG Beberkan Strategi Utama Dorong Pencapaian Bisnis Berbasis Digital
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Indonesia merupakan salah satu pasar potensial untuk pusat data di Asia Tenggara, dengan perkiraan nilai industri mencapai USD 3,43 miliar (setara Rp 51 triliun) pada tahun 2027 mendatang.

Princeton Digital Group (PDG) menyatakan bahwa seiring berkembangnya pasar dan meningkatnya permintaan akan layanan pusat data, penyedia layanan pusat data perlu mulai berfokus pada optimisasi yang mencakup bagaimana mereka dapat beroperasi secara efisien, dari segi penggunaan daya meupun biaya opersional.

Stephanus Tumbelaka, Managing Director, PDG Indonesia menjelaskan, "transformasi digital pesat di Indonesia telah menghasilkan pertumbuhan pusat daya yang masif, namun kita perlu mulai memikirkan lebih dari sekedar membangun pusat data, tapi juga mengoptimalkan dan mengoperasikannya."

Baca Juga:
PDG Tambah Kapasitas Data Center di Jakarta

Menurut PDG terdapat lima area utama optimisasi pusat data yang dapat dilaklukan di Indonesia, untuk memastikan pengoperasian terbaik dan mendukung pencapaian bisnis jangka pangjang, sebagai berikut:

Desain pusat data
Saat ini, terobosan metodologi dan teknologu pusat data dapat diaplikasikan pada infrastruktur pusat data yang sudah ada sebelumnya. Namun, optimisasi pusat data terbaik sejatinya dapat dilakukan sejak tahapan rancangan dan konstruksi awal. Pesatnya pertumbuhan ekonomi digital Indonesia menuntut tingginya kebutuhan pusat data dengan kelebihan metodologi dan teknologi bawaan (built-in) yang fleksibel. Sehingga, dapat memastikan agar perbaikan dan upgrade kebutuhan memungkinkan untuk dilakukan dengan mudah di masa depan.

Proses
Pertumbuhan pasar pusat data di Indonesia perlu diimbangi dengan proses
yang dioptimalkan di seluruh sistem operasional pusat data. Ini termasuk memiliki
proses bisnis fundamental yang lebih kuat, komprehensif serta stabil dan terbukti.

Baca Juga:
Rolls-Royce Pasok Solusi Daya untuk SpaceDC, Fasilitas Data Center Ramah Lingkungan Pertama di Indonesia

Teknologi
Penerapan teknologi yang tepat, seperti solusi manajemen infrastruktur pusat data adalah kuncinya, yang mengarah kepada otomatisasi, sehingga membantu perusahaan menghindari kesalahan manusia serta memastikan penerapan proses dan protokol bisnis yang tepat.

Pengoperasian
Salah satu aspek terpenting dalam optimisasi pusat data adalah
memiliki perangkat pemantauan integrasi yang tepat guna untuk memantau kinerja
pusat data dan memberikan peringatan dini tentang kekeliruan yang mungkin terjadi.

Sumber daya manusia
Optimisasi dan pemeliharaan peningkatan yang berkelanjutan tentunya membutuhkan tenaga kerja terlatih untuk meminimalkan kesalahan manusia sebanyak mungkin sehingga pusat data dapat beroperasi dengan optimal dan lancar.

SHARE:

Microsoft Tunda Peluncuran Fitur Recall AI yang Kontroversial

Harga Rp2 Jutaan, Perbandingan Spek ZTE Nubia Neo 2 5G vs Tecno Pova 6