Peletakan Batu Pertama Pembangunan BTS 4G di Wilayah 3T

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate baru saja menggelar acara pelatakkan batu pertama Base Transceiver Station (BTS) 4G di Desa Kelanga, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (22/04/2021).

Acara peletakan batu pertama ini merupakan rangkaian awal dalam membangun infrastruktur BTS serupa di seluruh desa/kelurahan wilayah 3T (Tertinggal Terdepan, Terluar) di Indonesia yang selama ini memang belum terlayani oleh sinyal 4G.

Baca Juga:

Kominfo Blokir 7 Video YouTube Paul Zhang


Menteri Johnny menyebut pembangunan dilakukan melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo dengan sumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menurutnya, pembangunan harus terus dilakukan sebab pemanfaatan sinyal 4G untuk layanan digital dapat meningkatkan kualitas hidup bersama baik dari sektor pendidikan, kesehatan maupun ekonomi bagi masyarakat di wilayah 3T.

“Infrastruktur telekomunikasi dan Internet adalah salah satu pilar utama percepatan transformasi digital nasional. Kita berharap pembangunan BTS 4G ini dapat mendorong efektifitas dan produktifitas masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga:

Sampoerna Telekomunikasi Nunggak BHP Frekuensi


Menteri Johnny menuturkan, berdasarkan data dari BAKTI Kominfo saat ini masih ada 7904 desa/kelurahan wilayah 3T yang belum mendapatkan akses layanan 4G selama dua tahun, yakni di 4.200 desa/kelurahan pada 2021 dan di 3.704 desa/kelurahan pada 2022.

Untuk itu, pembangunan BTS akan dibagi ke dalam lima paket, di mana paket pertama sebanyak 1.364 desa/kelurahan, paket kedua 1.336 desa/kelurahan, paket ketiga 1.795 desa/kelurahan, paket keempat 1.879 desa/kelurahan, dan paket kelima 1.590 desa/kelurahan.

- Advertisement -

Latest News

Mantan petinggi Grab dan Tokopedia Galang Pendanaan US$5.6 Juta

Technologue.id, Jakarta - Wagely, sebuah platform kesejahteraan keuangan yang menawarkan Earned Wage Access (EWA) atau akses upah instan, mengumumkanpengumpulan pendanaan sebesar US$5,6...

Waduh, Server EA Kena Hack dan Curi Kode Penting Game!

Technologue.id, Jakarta - Server Electronic Arts (EA), perusahaan game besar dari Amerika Serikat, kena bobol peretas (hacker). Aksi itu diduga terjadi pada...

PUBG MOBILE Rilis Mode Baru “Traverse Insectoid”

Technologue.id, Jakarta - PUBG Mobile rilis mode baru bernama Traverse Insectoid. Di mode ini, pemain bakal ikut dalam pertempuran rudal dengan kondisi menyusut...

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

Related Stories