Technologue.id, Jakarta – Sejumlah pengguna Twitter kembali berkeluh kesah. Kali ini, yang jadi sasaran adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Sebab, salah satu situs microblogging yang cukup populer, Tumblr, tak bisa diakses.

Dari pantauan redaksi, beberapa pengguna Indosat Ooredoo, XL Axiata, dan Telkomsel bercuit kalau mereka tak bisa mengakses situs Tumblr.com lewat browser di ponselnya sejak semalam (05/03/2018) sampai berita ini diturunkan. Namun, para pelanggan Indihome dan First Media masih dapat mengaksesnya seperti biasa.

Baca juga:

Sampai Sekarang Belum Registrasi Kartu SIM? Apa Dampaknya?

Pemblokiran Tumblr ini sejatinya layak dipertanyakan. Sebab Juni tahun lalu, Tumblr telah mengenalkan versi terbaru dari Safe Mode dan membuatnya aktif secara default untuk tiap user-nya. Fitur tersebut mempersilakan user untuk memiliki kontrol lebih atas konten yang ingin atau tak ingin di lihatnya.

Melansir pernyataan resmi Tumblr (20/06/2017), ketika Safe Mode diaktifkan, maka pengguna tak akan melihat konten yang tergolong “sensitif”, termasuk foto telanjang baik untuk kepentingan artistik maupun edukasi. Bahkan, pengguna terdaftar yang usianya belum genap 18 tahun tak akan bisa menonaktifkan Safe Mode dari pengaturan akun.

Pemblokiran Tumblr Tak Adil?
Fitur Safe Mode di Tumblr (source: Tumblr)

Baca juga:

Ini Hal Sepele yang Bikin Anda Gagal Registrasikan Kartu Prabayar

Redaksi tengah mencoba menghubungi Kemkominfo untuk meminta penjelasan terkait pemblokiran Tumblr terbaru ini.

Perlu diketahui, ini bukan kali pertama Tumblr diblokir di Indonesia. Tahun 2016 lalu, Kemkominfo berencana memblokir akses ke Tumblr atas dasar laporan dari masyarakat kalau situs itu memuat konten pornografi. Akan tetapi pertengahan Februari 2016, kementerian yang digawangi Rudiantara itu membatalkan langkah itu.

Baca juga:

Sertifikasi Ponsel Baru Kini Cuma 2 Hari, Cara Kemkominfo Perangi Penyelundupan

Tumblr, yang merupakan platform berumur 11 tahun, didirikan oleh David Karp. Wadah digital yang memungkinkan penggunanya mengunggah teks hingga konten multimedia dalam bentuk blog pendek ini lantas diakuisisi oleh Yahoo senilai 1,1 miliar USD pada Mei 2013. Terhitung November 2017, Tumblr menampung lebih dari 375 jutaan blog.