Pemerintah Terapkan Pola Pembangunan Infrastruktur Digital Terbalik

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Pemerintah menerapkan strategi pembangunan infrastruktur digital dari hilir ke hulu. Ini dilakukan guna menyikapi perkembangan kebutuhan digitalisasi yang semakin tinggi.

“Saya mendapat permintaan permohonan dan harapan dari seluruh pelosok tanah air, bahwa di banyak wilayah belum tersedia layanan sinyal 4G,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Rabu (24/2/2021).

“Guna memenuhi permintaan ini, strategi pembangunan infrastruktur yang sebelumnya dimulai dari hulu me hilir kini diubah menjadi hilir ke hulu,” tandasnya.

Baca Juga:

Salahi Aturan OJK, Kominfo Blokir TikTok Cash


Menurut Menteri Kominfo, pola pembangunan terbalik ini akan memberikan dampak yang lebih baik dari sebelumnya. Wilayah mana saja yang coverage sinyalnya belum tersedia bisa terlihat nantinya.

Dia menyontohkan pembangunan lebih dari 342 ribu km kabel serat optik jaringan pita lebar atau backbone network di seluruh Indonesia, baik di darat maupun di laut.

Meskipun jaringan pita lebar belum sepenuhnya menjangkau wilayah pemukiman masyarakat, pelayanan administrasi pemerintahan masyarakat dan wilayah kegiatan keseharian masyarakat.

Baca Juga:

Waspada Clubhouse Palsu Intai Pengguna Smartphone


Selain menerapkan pola pembangunan terbalik, Menteri Kominfo juga menyebut akan memanfaatkan 9 satelit yang terletak di orbit. 5 satelit nasional dan 4 satelit asing.

Salah satu satelit nasional adalah Satelit Multi Fungsi atau satelit Satelit Satria 1 dengan kapasitas 150 Gbps. Satelit ini nantinya akan diletakkan di orbit dan untuk comersial operation date dilakukan pada kuartal ketiga tahun 2023 nanti.

“Semua harapan kami dengar. Kami terus melakukan pembangunan untuk keperluan secara nasional kita, dalam rangka meningkatkan internet link ratio, dan memperkecil digital divide diantara wilayah nasional kita,” imbuhnya.

- Advertisement -

Latest News

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

WhatsApp di Feature Phone Bisa Dipakai Telepon

Technologue.id, Jakarta - Pemegang feature phone berbasis KaiOS kini bisa melakukan panggilan telepon atau voice call melalui WhatsApp. Aplikasi messaging populer tersebut...

Redeem Code Genshin Impact Edisi Bulan Juni 2021

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact buatan miHoYo kian diminati para gamer di seluruh dunia. Untuk sambut kehadiran update Genshin Impact versi 1.6...

Samsung Rilis ISOCELL JN1, Dukung Resolusi 50MP

Technologue.id, Jakarta - Samsung resmi mengumumkan sensor kamera terbaru mereka. Adalah ISOCELL JN1, sensor kamera ini diperuntukan bagi smartphone kelas menengah dan...

Related Stories