Pemerintah Tiongkok Batasi Penggunaan WhatsApp

Technologue.id, Jakarta – Bukan kabar baru jika pemerintah Tiongkok kerap melakukan pemblokiran terhadap beberapa layanan berbasis teknologi yang datang dari luar wilayahnya. Namun hal itu ternyata juga berlaku untuk WhatsApp.

Mengutip dari NextPowerUp (18/07/17), pemerintah Tiongkok dilaporkan baru saja melakukan pemblokiran terhadap aplikasi WhatsApp. Untungnya, hal tersebut tidak dilakukan secara menyeluruh.

Agar tidak melewati batas penggunaan, pemerintah setempat hanya memblokir beberapa fungsionalitas dari aplikasi WhatsApp. Dengan begitu, pengguna diharapkan tak lagi bisa sembarang membagikan konten baik berupa teks, video, maupun foto.

Untuk saat ini, pemblokiran tersebut sendiri sudah berlaku di Tiongkok. Pasalnya, beberapa pengguna di wilayah tersebut sempat melaporkan kalau mereka sudah tak bisa mengirimkan beberapa jenis teks, video, dan foto.

Seiring dengan diblokirnya beberapa fitur pada aplikasi WhatsApp, ada beberapa pihak yang menduga kalau pemerintah Tiongkok juga berniat untuk menggenjot jumlah pengguna aplikasi perpesanan lain buatan lokal, WeChat.

 

Baca juga:

WhatsApp Bakal Punya Fitur Night Mode

Fitur Berbagi File di WhatsApp Akan Lebih Fleksibel

Dari Aplikasi Pesan, Tanpa Disadari WhatsApp Berkembang Menjadi Aplikasi Berbagi Berita