Pemerintah Tiongkok Manfaatkan AI untuk Basmi Kriminalitas

Technologue.id, Jakarta – Kecerdasan buatan, atau yang biasa disebut dengan Artificial Intelligence (AI), bisa digunakan untuk berbagai macam hal, seperti membaca dan menganalisis kebiasaan pengguna, hingga membuat sebuah keputusan sesuai dengan kebutuhan secara otomatis. Dan kini, pemerintah Tiongkok tengah berusaha memanfaatkan AI untuk membasmi kriminalitas.

Mengutip dari NextPowerUp (24/07/17), pemerintah Tiongkok dilaporkan sedang mencoba mengombinasikan teknologi pengenal wajah dan AI untuk memprediksi kebiasaan perilaku kriminalitas di negaranya.

Untuk bisa menciptakan hal tersebut, pemerintah pun bekerja sama dengan sebuah perusahaan mobile payment bernama Cloud Walk yang berbasis di Guangzhou. Melalui sejumlah data yang dimiliki oleh Cloud Walk, pemerintah bisa mendapatkan histori dari transaksi maupun rute perjalanan sesorang.

Hingga saat ini, Cloud Walk sendiri memiliki database dari 50 kota dan provinsi yang ada di Tiongkok. Ini cukup membantu pemerintah untuk mengumpulkan profil dari warga negara yang ada di wilayah setempat.

“Jika kami menggunakan sistem smart dan fasilitas smart dengan baik, kami bisa tahu bagaimana kejadian sebelumnya. Seperti ada seorang teroris, ada yang ingin melakukan sesuatu yang buruk,” kata Li Meng, Wakil Menteri Sains dan Teknologi Tiongkok.

 

Baca juga:

Pakai Artificial Intelligence, Begini Cara Facebook Berantas Terorisme

Lagi, Artificial Intelligence Permalukan Manusia Terbaik di Bidangnya

Siapkan Ponsel Berbasis Artificial Intelligence, Ini Janji Huawei