Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Pemilik Forum Hacker BreachForums Tertangkap FBI
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Federal Bureau of Investigation (FBI) telah menangkap pemilik forum hacker, BreachForums, yang diduga melakukan tindakan ilegal.

Pemilik akun Pompompurin, yang diduga sebagai pemilik forum tersebut, ditangkap oleh FBI dan telah didakwa atas tuduhan melakukan tindakan peretasan, pencurian data, dan penjualan informasi pribadi.

Baca Juga:
LastPass Terkena Serangan Hacker: Bagaimana Keamanan Sandi Anda Terjamin?

BreachForums dikenal sebagai forum peretasan yang menyediakan berbagai informasi terkait dunia peretasan dan penjualan data pribadi. Situs web tersebut juga diduga menjadi tempat berkumpulnya para hacker. Pada saat penangkapan Pompompurin, BreachForums memiliki lebih dari 500.000 anggota dan telah terlibat dalam sejumlah pelanggaran keamanan data.

Pria berusia 21 tahun bernama Conor Brian FitzPatrick tersebut didakwa dengan tiga tuduhan yang berbeda, yakni konspirasi untuk melakukan peretasan, penjualan informasi pribadi, dan pencurian data. Dia diduga telah menjual informasi pribadi seperti nomor kartu kredit dan informasi akun di situs-situs perbelanjaan online.

Saat ini, Conor dibebaskan untuk sementara waktu dengan uang jaminan senilai 300.000 (sekitar Rp 4,6 miliar) namun pihak FBI menyatakan, proses hukum akan terus berlangsung. 

Meski dibebaskan secara bersyarat, Conor harus menyerahkan seluruh dokumen dan identitas dirinya kepada pihak berwajib, serta dilarang menghubungi rekan atau orang yang bisa menghalangi proses pengadilan.

Selain itu, pergerakan Conor juga dipantau dan dibatasi di wilayah Distrik Selatan dan Timur New York, serta Distrik Timur Virginia untuk keperluan pengadilan. Conor akan memulai proses persidangan pada 24 Maret 2023 mendatang.

Hingga saat ini, belum diketahui apakah penangkapan dan proses persidangan terhadap Pompompurin akan berakibat pada penutupan situs dark web tersebut. Namun, selama persidangan Conor berlangsung, seorang admin BreachForums dengan julukan "Baphomet" telah mengambil alih operasi forum tersebut dan mengkonfirmasi bahwa forum tersebut akan terus beroperasi seperti biasanya.

Baphomet memiliki akses ke seluruh infrastruktur dan sistem BreachForums, sehingga ia dapat menjaga kelangsungan operasinya. Selain itu, untuk menghindari serangan keamanan, Baphomet telah mengubah hak akses akun Pompompurin.

Baca Juga:
Situs Yandex Bikin Geger, Pengamat Siber: Pengguna Harus Waspada!

Dilansir dari The Hacker News, Baphomet telah menyusun rencana darurat untuk menjaga kelangsungan operasi BreachForums dan yakin dapat melindungi forum tersebut. Menurutnya, hingga kini belum terjadi hal-hal yang mencurigakan pada BreachForums.

Penangkapan Pompompurin adalah bagian dari upaya pemerintah AS untuk mengatasi kejahatan dunia maya dan melindungi informasi pribadi pengguna internet. Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi peningkatan jumlah pelanggaran keamanan data dan pencurian identitas, sehingga penting bagi pemerintah untuk mengambil tindakan yang tegas dalam menangani masalah ini.

Dengan ditangkapnya Pompompurin, diharapkan akan ada pengurangan jumlah pelanggaran keamanan data dan pencurian identitas di masa depan. Namun, masih banyak tantangan dan ancaman di dunia maya yang perlu diatasi, sehingga pengguna internet harus tetap waspada dan menjaga keamanan informasi pribadi mereka dengan baik.

SHARE:

Aplikasi MyWuling+ Bantu Pengguna BinguoEV Temukan Banyak Informasi Tentang Mobil Listriknya

Upbit Berharap Pengembangan Teknologi dan Investasi di Industri Blockchain Difasilitasi Pemerintah