Pemillik iPhone Suka Bohong dan Labil

Ilustrasi pengguna iPhone (source: PicJumbo)

Technologue.id, Jakarta – Ketika banyak yang mempercayai atau berpegang teguh pada pepatah semacam “Anda adalah apa yang Anda baca”, maka rasa-rasanya cukup adil ketika justifikasi karakter seseorang bisa ditebak dari gadget yang dipakainya.

Riset terhadap para civitas academica beberapa universitas di Lincoln dan Lancaster, Britania Raya, berhasil menyimpulkan karakter pengguna berdasarkan handset yang dipakainya.

Setelah mewawancarai 530 orang sedari tahun 2015 hingga 2016 terkait ponsel dan perasaan mereka, para peneliti menemukan ada perbedaan yang cukup signifikan antara pemakai iPhone dan Android. Pertama, pengguna iPhone memiliki tingkat kejujuran dan kerendahan hati yang lebih rendah. Sementara aspek emosional mereka lebih tinggi dari user Android.

Hal tersebut erat kaitannya dengan temuan bahwa pemakai iPhone lebih banyak wanita, berumur lebih muda, dan memandang smartphone sebagai obyek status.

Mengutip CNET (22/11/16), dari terbebernya fenomena ini, lantas wajar saja jika ada yang berasumsi kalau pengguna gadget bikinan Apple itu cenderung tidak jujur, punya sisi narsisisme yang tinggi atau emosinya cenderung labil.

Di sisi lain, user Android cenderung berusia lebih tua, lebih jujur, patuh pada aturan, dan tidak terjebak pada status atau kekayaan.

Studi yang juga sempat dipresentasikan dalam konferensi British Psychological Society Social Psychology Section tersebut secara keseluruhan selaras dengan hipotesis peneliti. “Kami memperkirakan bahwa pemakai iPhone berusia lebih muda dan sifatnya lebih ekstrover. Kami juga memprediksi kalau user iPhone cenderung menilai ponsel mereka sebagai obyek status,” terang David Ellis, salah satu peneliti yang terlibat.

Menurut Anda, penelitian ini banyak benarnya atau tidak?

 

Baca juga:

iPhone 7 Selangkah Lagi Resmi Masuk Indonesia!

Begini Cara Agar Logo iPhone Anda Menyala

Apple Daftar Paten iPhone Lipat