Peneliti Temukan Malware Baik Hati

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Laporan terbaru dari BleepingComputer dan SophosLab menyebut ada malware unik ditemukan.


Berbeda dari malware kebanyakan, malware ini justru memiliki prilaku baik dengan membantu para korbannya menghindari situs bajakan.


Malware ini diberi nama Vigilante oleh peneliti SophosLab, Andrew Brandt. Ia menyebut Vigilante biasa bersembunyi di Discord hingga URL BitTorrent.

Baca Juga:

Ancaman Siber Kembali Gencar Serang Sektor Industri


Menurut Brandt, Vigilante akan memodifikasi host perangkat korban dengan situs bajakan dan mengarahkannya ke IP khusus 127.0.0.1 atau yang dikenal sebagai localhost.


Dengan begitu, perangkat korban akan otomatis mendirect koneksi tersebut ke alamat IP sendiri sehingga korban akhirnya tak akan bisa mengakses situs bajakan tersebut.


“Motivasi malware ini cukup jelas, yakni mencegah orang mengunjungi situs web bajakan,” kata Brandt seperti dikutip pada Sabtu (19/6/2021).

Baca Juga:

Kaspersky Deteksi Dua Kubu Ransomware Baru Serang Asia Pasifik


Vigilante sendiri disebut telah aktif sejak Oktober 2020 lalu. Dan hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa tujuan malware ini diciptakan.


Namun Brandt menegaskan kepada para korban untuk segara menghapus Vigilante jika ditemukan. Sebab tidak diketahui motif lain yang ada di balik malware Vigilante ini.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories