Pengguna Google Pixel 3 dan 3 XL Mengalami Brick Secara Tiba-Tiba

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Brick adalah pengalaman yang paling menyebalkan ketika menggunakan smartphone. Pasalnya, kita tidak bisa menggunakan smartphone dengan normal lantaran tidak bisa masuk ke sistem atau bahkan mati total secara tiba-tiba. Hal itulah yang tengah dialami oleh para pengguna Google Pixel 3 dan 3 XL.

Mengutip dari GSMArena (06/09/21), semakin banyak pengguna Google Pixel 3 dan 3 XL yang melaporkan bahwa smartphone mereka tiba-tiba saja rusak dan tidak bisa digunakan. Hal tersebut terjadi tanpa peringatan. Dan semakin hari justru semakin banyak yang melaporkan kejadian serupa.

Baca Juga:
Google Pixel 3 Otomatis Jepret Selfie Saat Mencium Seseorang

Hal yang membuatnya semakin parah, hingga saat ini pihak Google sendiri masih belum memiliki solusi terhadap masalah brick yang terjadi secara mendadak pada pengguna Pixel 3 dan 3 XL. Belum lagi, sebagian besar perangkat tersebut tidak lagi bergaransi lantaran sudah produksi sejak tahun 2018.

Pada laman support di berbagai forum, seperti Reddit, ada beberapa pengguna Pixel 3s yang membagikan kisah bahwa mereka juga sempat mengalami brick secara mendadak tanpa peringatan.

Perangkat secara langsung memasuki mode Qualcomm Emergency Download (EDL) sehingga pengguna tak diizinkan untuk melakukan instalasi ROM baru. Bahkan, memasuki mode bootloader pun tak bisa dilakukan.

Baca Juga:
Google Pixel 6 Bakal Bawa Fingerprint Bawah Layar

Beberapa orang mempercayai bahwa hal yang membuat masalah ini muncul adalah karena adanya pembaharuan keamanan. Sedangkan yang lain, mengatakan bahwa kerusakan dari sisi hardware adalah akar masalahnya, layaknya smartphone LG yang juga sempat mengalami masalah serupa.

Namun sayangnya, hingga saat ini Google belum bisa memberikan penjelasan dari penyebab masalah maupun solusi dari brick pada Pixel 3 dan 3 XL.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories