Pengguna Internet akan Semakin Diawasi

Ilustrasi pengguna internet (source: BBC)

Technologue.id, Jakarta – Selama ini, pengawasan terhadap pengguna internet masihlah dalam gerakan yang perlahan atau bahkan tidak disadari oleh banyak orang. Namun, dalam waktu dekat, pengawasan tersebut akan meningkat, bahkan dilakukan secara real-time dan terang-terangan.

Dikutip dari BBC (6/5/2017), pengawasan pengguna internet secara real-time tengah menjadi perbincangan hangat di Inggris. Bahkan, usulan tersebut sudah masuk sebagai daftar usulan yang akan dirapatkan oleh pihak pemerintah.

Saat disetujui, maka usulan tersebut akan naik sebagai undang-undang yang baru di negara Inggris, dan akan menjadi langkah kuat penyidik dunia maya untuk memperketat batasan-batasan pengguna internet disana. Bahkan, mereka diperbolehkan untuk langsung menghapus konten yang dirasa melanggar peraturan, tanpa terlebih dahulu menginformasikan kepada pembuatnya.

Usulan yang masih dalam bentuk makalah tersebut diduga bocor ke badan kebebasan sipil di Inggris, Open Rights Group, pada 4 Mei lalu. Ketika pengawasan secara real-time telah berjalan, maka perusahaan elektronik yang memproduksi dan menjual perangkatnya ke publik akan diminta untuk menghapus enkripsi yang menyulitkan akses penyidik.

Dengan kata lain, penyidik dunia maya akan memiliki akses khusus dan bebas hambatan ke semua perangkat yang ada digenggaman penduduk Inggris. Dan, penduduk pun tidak akan memiliki ruang pribadi lagi di dalam smartphone mereka.

Jika Inggris benar-benar mengizinkan pengawasan secara real-time tersebut, tidak menutup kemungkinan jika langkah itu akan diikuti oleh negara-negara lain, seperti Indonesia.

Baca juga:

Dikritik Pasang Tarif Internet Selangit, Ini Kata Telkomsel

Kesal Harga Kuota Internet Mahal, Hacker Usili Situs Resmi Telkomsel

Apple Sedang Ciptakan Satelit untuk Sebarkan Internet?

loading...