Technologue.id, Jakarta – Emtek mengumumkan keputusan mereka untuk mengakhiri layanan BBM untuk konsumen pada 31 Mei 2019. Selama kurang lebih 3 tahun hadir di lintas platform, nyatanya BBM harus tumbang ditengah gempuran inovasi dan teknologi yang semakin berkembang saat ini.

Kembali ke tahun 2016, BlackBerry menjalin aliansi strategis dengan Grup Elang Mahkota Teknologi (Emtek) yang berbasis di Indonesia untuk membantu memperluas bisnis BBM consumer.

Sebagai bagian dari kemitraan, Emtek memperluas kemampuan aplikasi BBM dengan fitur dan peningkatan baru, sementara BlackBerry tetap mempertahankan kontrol atas solusi BBM Enterprise mereka.

Baca Juga:
Update BBM Suguhkan Fitur Peningkatan Chat dan Video Call

- Advertisement -

Meskipun mendapatkan beberapa fitur yang cukup menarik bukan hanya untuk sekedar berkomunikasi saja, melalui BBM juga dapat melakukan aneka pembayaran tagihan. Tampaknya hal tersebut masih belum bisa mempertahankan atau bahkan menambah jumlah pengguna barunya.

Pihak perusahaan juga mengucapkan banyak terima kasih baik untuk pengguna maupun karyawan yang telah bekerja dan mencurahkan segenap hatinya bersama BBM. Berikut pengumuman resmi dari BBM:

“Hari ini kami mengumumkan bahwa kami akan menutup layanan konsumen BBM pada tanggal 31 Mei 2019. Tiga tahun yang lalu, kami memulai untuk menghidupkan kembali layanan konsumen BBM, salah satu aplikasi perpesanan instan yang paling disukai, sebagai layanan lintas platform di mana pengguna tidak hanya dapat mengobrol dan berbagi pengalaman hidup, tetapi juga menggunakan konten dan menggunakan layanan pembayaran.

Kami mencurahkan hati kami untuk mewujudkan hal ini, dan kami bangga dengan apa yang telah kami bangun hingga saat ini. Namun, industri teknologi sangat dinamis, dan terlepas dari upaya besar kami, pengguna telah pindah ke platform lain, sementara pengguna baru terbukti sulit untuk masuk.

Meskipun kami sedih untuk mengucapkan selamat tinggal, waktunya telah tiba untuk menghentikan layanan konsumen BBM, dan bagi kami untuk melanjutkan. Kami berterima kasih atas dukungan Anda dan ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang, terutama pengguna, mitra, dan karyawan kami, karena menjadi bagian dari perjalanan layanan konsumen BBM. Kami harap Anda akan menghargai banyak kenangan indah dari layanan konsumen BBM yang membantu membentuk platform messenger menjadi seperti sekarang ini.”

Baca Juga:
Aplikasi BBM Fasilitasi TNI AD Sebar Informasi Dunia Militer

Sehubungan dengan keputusan Emtek ini, BlackBerry telah mengumumkan bahwa mereka akan membuat platform messaging terenkripsi end-to-end, BBM Enterprise (BBMe), tersedia untuk individu melalui Google Play Store mulai hari ini dan menyusul kemudian di Apple App Store.

Layanan BBMe akan diberikan secara gratis selama satu tahun dan setelah itu, pengguna akan dikenakan biaya US$ 2,49 atau sekitar Rp34 ribu selama enam bulan. Seperti versi consumer, versi Enterprise ini masih menampilkan obrolan grup, panggilan suara dan video, serta kemampuan untuk mengedit dan menghapus pesan yang sudah dikirim.