Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Penjualan PC Global Tumbuh 8% pada Q1 2024
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Data terbaru IDC menunjukkan pertumbuhan positif dalam penjualan PC global selama kuartal pertama tahun 2024 (Q1 2024). Penjualan dinilai pulih dengan volume penjualan seperti sebelum terjadinya pandemi.

Seperti diketahui, penjualan PC global sempat mengalami penurunan selama dua tahun terakhir. Penjualan PC di seluruh dunia berjumlah 59,8 juta pada Q1 2024, sebanding dengan penjualan Q1 2019 ketika 60,5 juta PC terjual di seluruh dunia.

Pengiriman PC global mencakup desktop, notebook, dan workstation. Meskipun tablet biasanya dianggap sebagai perangkat komputasi pribadi, tablet tidak termasuk dalam statistik IDC. Di antara lima pembuat PC OEM teratas, Lenovo terus menikmati posisi dominannya dengan 23% pangsa pasar, diikuti oleh HP dengan 20%, dikutip dari Tomshardware.

Belum Sebesar Smartphone, Penjualan Laptop di JD.ID Tetap Menggiurkan
Salah satu produk di kategori Komputer & Laptop (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Pertumbuhan di pasar global tidak selalu berarti setiap perusahaan mendapatkan keuntungan. Misalnya Dell, Asus dan kategori "lainnya" semuanya menunjukkan penurunan penjualan tahunan selama kuartal ini.

Apple di sisi lain menunjukkan pertumbuhan tertinggi sebesar 14,6%, kemungkinan besar berkat laptop berbasis M3 baru. "Meskipun Tiongkok mengalami kesulitan, pemulihan diperkirakan akan terus berlanjut pada tahun 2024 ketika PC AI yang lebih baru mulai dijual pada akhir tahun ini dan ketika pembeli komersial mulai memperbarui PC yang dibeli selama pandemi,” jelas Jitesh Ubrani, manajer riset untuk Worldwide Mobile Device Trackers IDC.

Baca Juga:
3 Website untuk Bikin Kartu Ucapan Digital Idul Fitri 2024

Ia mengatakan, seiring dengan pertumbuhan pengiriman, PC AI juga diperkirakan memiliki label harga yang lebih tinggi, sehingga memberikan peluang lebih lanjut bagi pembuat PC dan komponen.

Intel, AMD, dan lainnya telah banyak membicarakan tentang "AI PC" selama beberapa bulan terakhir. Kendati demikian, penggunaannya masih tampak "samar-samar". Microsoft Copilot saja masih bekerja dengan sistem Cloud, belum dapat bekerja secara lokal di PC pengguna.

Meskipun demikian, banyak hal dapat berubah dengan cepat di bidang AI. Teknologi ini tampaknya akan semakin banyak diadopsi dan produsen PC juga akan terus mengamati perkembangannya.

SHARE:

OpenAI Akan Gunakan Posting-an Reddit untuk Melatih ChatGPT

Rumor Apple Bakal Rilis iPhone 17 Slim pada September 2025