Technologue.id, Jakarta – Biasanya, pengguna komputer tak suka dengan kehadiran virus di desktop PC maupun laptopnya. Namun laptop yang satu ini justru berhasil dijual mahal lantaran di dalamnya terdapat sejumlah virus berbahaya yang sempat menggemparkan dunia.

Baca Juga:
Antisipasi Malware Berbahaya, Microsoft Sediakan Update untuk Windows XP

Mengutip dari TheVerge (25/05/19), Adalah Guo O Dong, seorang selebgram asal Tiongkok yang mencoba menjajakan laptop miliknya dengan sistem lelang melalui website https://thepersistenceofchaos.com. Dan kini, sampai saat ini laptop tersebut sudah ditawar seharga lebih dari US$1,2 juta, atau setara dengan Rp17.2 miliar.

“Fantasi ini dan hal-hal yang terjadi di komputer tidak dapat benar-benar memengaruhi kami, tetapi ini tidak masuk akal. Pasalnya, virus tersebut dijadikan senjata sehingga bisa memengaruhi jaringan listrik atau infrastruktur publik dan menyebabkan kerusakan langsung”, kata Guo.

- Advertisement -

Baca Juga:
Tips Cegah Smartphone Kemasukan Malware

Kata-kata Guo tampaknya tidak berlebihan. Pasalnya, pada laptop Samsung NC10-14GB dengan layar 10,2 inci yang dilelang itu, setidaknya ada enam malware dan virus yang sudah terbukti sangat berbahaya. Di antaranya adalah ILOVEYOU, MyDoom, SoBig, WannaCry, DarkTequila, dan BlackEnergy.

Melihat dari sejarah yang ada, Guo mengestimasikan bahwa seluruh malware dan virus tersebut sempat membuat kerugian ekonomi global hingga lebih dari US$95 miliar atau sekitar Rp1.360 triliun.