Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Penyebab Satelit Nusantara Dua Gagal Meluncur, PSNS: Terjadi Anomali
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Satelit Nusantara Dua pada hari ini, Kamis (9/4), telah meluncur dari Xichang Satellite Launch Center (XLSC) di Xichang, Cina, pada pukul 19.46 waktu setempat. Namun sayangnya proses lepas landas menuju oNrbit tujuan dikabarkan tidak berjalan mulus.

Presiden Direktur PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera (PSNS), Johanes Indri Trijatmodjo, mengakui bahwa terjadi anomali ketika memasuki tahap pelepasan roket tingkat tiga. Padahal saat itu proses lift off sudah berjalan dengan baik.

"(Hal ini) sehingga satelit tidak bisa mencapai orbit yang ditetapkan," kata Johanes, dalam keterangan resmi yang diterima Technologue.id, Kamis (9/4/2020) malam.

Baca Juga:

Rencana semula, satelit Nusantara Dua akan menuju slot orbit 113 derajat Bujur Timur, untuk menggantikan satelit Palapa-D milik Indosat Ooredoo.

Johanes melanjutkan, pihaknya selaku pemilik satelit Nusantara Dua sudah melindungi perangkat tersebut dengan asuransi bila terjadi hal di luar perkiraan. “Nusantara Dua telah dilindungi oleh asuransi yang sepenuhnya memberikan perlindungan atas risiko  peluncuran dan operasional satelit,” terangnya.

Satelit Nusantara Dua yang dibuat oleh China Great Wall Industry Corporation itu memiliki berat pada saat diluncurkan 5.550 kilogram, dan bobot roket peluncurnya mencapai 425.800 kilogram.

Dengan kapasitas 20x36 MHz transponder C-band FSS dan 9.5 gigabits per second (Gbps) HTS, satelit dapat mencakup wilayah seluruh Indonesia, Asia Pasifik, hingga Australia untuk transponder C-band dan seluruh Indonesia untuk HTS.

SHARE:

Google One Akan Lenyapkan Fitur VPN

WhatsApp Diprotes Gara-Gara Turunkan Batas Usia Pengguna Jadi 13 Tahun