Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Puluhan Kasus Peradangan Hati Misterius Serang Anak-anak Inggris
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Pejabat kesehatan Inggris sedang menyelidiki lusinan kasus hepatitis yang tidak dapat dijelaskan, atau peradangan hati misterius yang baru-baru ini muncul di antara anak-anak di sana. Kasus serupa hepatitis pediatrik juga telah dilaporkan di AS dan Spanyol.

"Beberapa anak yang terkena dampak di Inggris memerlukan penilaian di pusat-pusat khusus dan "sejumlah kecil" anak-anak telah menjalani prosedur transplantasi hati," ungkap Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA), seperti dilaporkan Live Science, Mingggu (17/4/2022).

Meskipun virus hepatitis (hepatitis A, B, C, D dan E) sering menjadi penyebab hepatitis, virus ini telah disingkirkan sebagai penyebab, kata pernyataan itu. "Potensi komplikasi hepatitis termasuk gagal hati dan kematian, dan transplantasi hati biasanya digunakan untuk mengobati gagal hati stadium akhir," menurut Stanford Children's Health.

Baca juga:
COVID-19 Saja Bikin Susah Dunia, Kini Peneliti Temukan Ribuan Virus Baru di Lautan

"Itu satu-satunya pengobatan definitif untuk gagal hati akut," kata Dr Rachel Tayler, ahli gastroenterologi anak di Royal Hospital for Children di Glasgow.

Tayler dan rekan-rekannya menulis laporan tentang kasus hepatitis baru-baru ini di antara anak-anak di Skotlandia, yang diterbitkan Kamis (14 April) di jurnal Eurosurveillance.

Pada sebagian besar kasus ini, anak-anak pulih hanya dengan perawatan suportif di rumah sakit, yang mencakup pemeliharaan tingkat cairan dan nutrisi mereka serta pemantauan pembekuan darah. "Namun, dalam sebagian kecil kasus, anak-anak perlu dinilai untuk kemungkinan transplantasi hati, dan dalam beberapa kasus, menjalani operasi transplantasi," ujar Tayler kepada Live Science.

Ketika para pejabat terus menyelidiki penyebab kasus hepatitis akut yang parah ini, dokter telah didesak untuk mencari tanda dan gejala potensial peradangan hati pada pasien anak, demikian bunyi pernyataan UKHSA.

Kondisi ini terkadang didahului oleh gejala gastrointestinal, termasuk muntah dan sakit perut, dan anak-anak yang terkena sering mengalami penyakit kuning, yang berarti menguningnya kulit atau bagian putih mata. "Dalam kasus yang lebih ringan, bisa sangat sulit untuk dilihat," imbuh Tayler.

Gejala potensial hepatitis lainnya termasuk urin berwarna gelap, tinja pucat, kulit gatal, kekakuan sendi, nyeri otot, demam, mual, sakit perut, lesu, dan kehilangan nafsu makan.

"Orang tua harus berhati-hati untuk menganggap serius anak-anak yang mengalami muntah parah atau yang mengembangkan penyakit kuning dan harus segera mencari perhatian medis jika ini terjadi," pinta dr Jeremiah Levine, Direktur Divisi Gastroenterologi Anak di NYU Langone Health, yang tidak terlibat dalam penyelidikan.

Tayler menyarankan anak-anak untuk mencuci tangan untuk mencegah potensi paparan virus yang dapat menyebabkan hepatitis. Jika ada anak yang terkena infeksi, mereka harus tetap di rumah untuk mencegah penyebaran kuman.

Saat penyelidikan berlangsung di Inggris, kelompok lain dari kasus hepatitis pediatrik yang tidak dapat dijelaskan dilaporkan di Amerika Serikat.

dr Hannah Kirking, ahli epidemiologi medis untuk Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), memberi tahu penulis laporan Eurosurveillance bahwa badan AS itu sedang menyelidiki sekelompok kasus hepatitis dan adenovirus di antara anak-anak di negara tersebut. Secara khusus, sembilan kasus seperti itu telah dilaporkan pada anak-anak usia 1 hingga 6 tahun di Alabama. Kasus-kasus tersebut terjadi antara Oktober 2021 hingga sekarang.

Tiga kasus hepatitis tambahan telah dilaporkan di Spanyol, pada anak-anak antara 22 bulan dan 13 tahun, sebut WHO, Jumat (15/4). Lima kasus lagi yang dikonfirmasi atau kemungkinan telah dilaporkan di Irlandia dan sekarang sedang diselidiki.

"Secara umum, penyakit hati akut yang parah pada anak-anak relatif jarang terjadi tetapi kadang-kadang terjadi," kata Levine.

Serangan penyakit hati yang parah ini cenderung disebabkan oleh agen infeksi, seperti virus. Tetapi anak-anak yang terkena harus menjalani evaluasi lengkap untuk memeriksa bahwa mereka tidak memiliki gangguan metabolisme yang mendasarinya.

SHARE:

Aukey Charging Station hingga Air Purifier Terbaru Banjiri Pasar Indonesia

Soal Starlink, Operator Seluler Singgung Kesetaraan Aturan