Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Peran Teknologi AI di Industri Otomotif, Jalankan Mobil Lewat Perintah Suara
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Kehadiran kecerdasan buatan atau biasa dikenal dengan 'AI' saat ini menjadi topik yang cukup banyak diperbincangkan, baik dari sisi yang dianggap sebagai ancaman, maupun dari sisi yang dianggap dapat mempermudah pekerjaan sehari-hari.

Sebagai komunitas kreatif yang kritis terhadap perkembangan dan trend di Indonesia, berkolaborasi dengan GWM Indonesia, IdeaFriends mencoba melihat lebih dekat dan menemukan persepsi nyata dari para ahli dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Baca Juga:
GWM Ramaikan Ajang Musik Tahunan Java Jazz 2024

"Dulu kita hanya dapat berimajinasi bila sebuah mobil dapat dijalankan dengan perintah suara. Namun saat ini, melalui teknologi AI kita dapat merasakan begitu banyak manfaat hasil dari integrasi teknologi AI, bahkan mengendarai mobil melalui AI," kata Tommy Teja, Founder dari komunitas AI, AICO.

Tommy menambahkan, pemanfaatan AI dapat meningkatkan kualitas penggunaan kendaraan secara signifikan seperti mengurangi kesalahan manusia yang menjadi penyebab utama kecelakaan lalu lintas, dan membantu pengendara menemukan jalan alternatif yang tidak padat.

"Kalau dari segi lingkungan, AI dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mendukung peralihan ke kendaraan listrik, serta membantu mengurangi emisi seperti yang sedang menjadi tren otomotif saat ini," katanya lagi.

Di era 'New Intelligence', kecerdasan buatan mengubah industri otomotif seperti memungkinkan mobil berjalan sendiri melalui penggabungan generative AI dengan kamera dan sistem sensor radar untuk deteksi dan identifikasi objek. Teknologi ini dikenal sebagai sistem bantuan pengemudi canggih (ADAS).

Baca Juga:
Diskusi Inspiratif GWM Indonesia dan IdeaFest: Kupas Transformasi Industri di Era Modern

“Sistem ADAS yang saat ini dikembangkan oleh GWM telah berada di level 2 atau di level Partial Automation, di mana kendaraan dapat melakukan kemudi dan berakselerasi dengan otonom, namun dengan pantauan manusia," jelas Hari Arifianto, Marketing Director GWM Indonesia.

Kemajuan GWM dalam teknologi AI dan otonom merupakan langkah penting menuju masa depan mobilitas yang lebih cerdas dan berkelanjutan. Upaya GWM ini sejalan dengan visi Indonesia untuk membangun industri otomotif yang maju dan ramah lingkungan.

SHARE:

Tampil Stylish, Galaxy Watch FE Dibanderol Harga Terjangkau

Tumpas Judi Online, Pengamat: Pastikan Tak Ada Aparat yang Bekingi