Technologue.id, Jakarta – Industri virtual reality (VR) bagi sebagian perusahaan teknologi adalah hal yang menjanjikan, termasuk Sony dengan perangkat PlayStation VR-nya. Namun, hal itu nampaknya tidak terjadi pada perangkat Xbox.

Mengutip dari TheVerge.com (20/06/2018), Microsoft dikabarkan sudah menarik kembali rencananya terhadap dukungan pada keberadaan headset VR bagi perangkat Xbox. Hal itu dilakukan lantaran konsol tersebut dianggap tidak cocok untuk melakukan hal tersebut.

Baca juga:

Anda Akan Bisa Mainkan Xbox Tanpa Xbox

“Kami tidak memiliki rencana spesifik untuk mengembangkan virtual reality atau mixed reality. PC adalah platform terbaik untuk melakukan hal tersebut. Dan Xbox kami fokuskan agar bisa memberikan pengalaman terbaik saat bermain game dengan menggunakan TV,” kata Mike Nichols, Chief Marketing Officer Gaming Microsoft.

Baca juga:

Google Terendus Bikin AR Headset Standalone

Sebelumnya, tahun 2016 silam, Phil Spencer selaku Executive President of Gaming Microsoft sempat mengatakan kalau konsol Xbox generasi mendatang (Project Scorpio) dijanjikan akan mendukung perangkat VR kelas atas layaknya sebuah PC berbasis Windows.

Baca juga:

Headset AR/VR Apple Dukung Resolusi 8K?

Rencana itu juga diperkuat dengan adanya kerja sama antara Microsoft dengan Oculus untuk membuat controller Xbox bisa mendukung platform Oculus Rift. Namun kini, semua hal tersebut tak akan direalisasikan oleh pihak Microsoft.