Technologue.id, Jakarta – Sejumlah inovasi dan perbaikan pastinya selalui disematkan Apple di tiap generasi iPhone terbarunya. Tapi apakah Apple juga membawa peningkatan di sektor kecepatan unduhan?

Baru-baru ini OpenSignal membuat sebuah pengujian untuk mengetahui kecepatan download pada iPhone ditiap generasinya. Berdasarkan temuan mereka diketahui bahwa setiap kehadiran iPhone terbaru, dibarengi juga dengan kecepatan mengunduh yang semakin cepat.

Baca Juga:
Apple Jualan iPhone X Refurbished

Perbandingan kecepatan download iPhone tiap generasi (Source: 9to5mac.com)

Namun ada beberapa pengecualian, seperti kasus iPhone SE. Di mana ponsel yang dirilis pada tahun 2016 ini memiliki kecepatan unduh yang lebih lambat dibandingkan dengan model iPhone 6 dan 6 Plus yang notabene dirilis pada tahun 2014.

- Advertisement -

Ada juga iPhone XR yang memiliki kecepatan lebih lambat daripada iPhone XS dan XS Max. Namun pada kasus ini diperkirakan hanya karena perbedaan radio saja. Perlu dicatat, pengujian ini mengandalkan jaringan selular 4G.

Baca Juga:
Kamera Pocophone F1 Imbangi iPhone 8 dalam Tes DxOMark

Perbandingan kecepatan upload iPhone tiap generasi (Source: 9to5mac.com)

Sementara untuk kecepatan upload, iPhone XR hampir memiliki kecepatan yang sama dengan iPhone X, namun lumayan jauh bila dibandingkan dengan iPhone XS dan XS Max.

Berbicara mengenai kecepatan data selular, banyak hal yang dapat mempengaruhi kecepatannya. OpenSignal mencatat terjadi pertumbuhan sebesar 83% dari iPhone 5 dan 6 ke iPhone generasi terbaru saat ini.