Peretas Kini Manfaatkan Subtitle untuk Sebar Malware

Technologue.id, Jakarta – Ada banyak cara untuk bisa membobol sebuah sistem, seperti menggunakan aplikasi palsu, menyebarkan link palsu, dan kini subtitle dalam sebuah film pun bisa menjadi pintu gerbang bagi para peretas.

Mengutip dari NextPowerUp (24/05/17), baru-baru ini sebuah lembaga riset, Checkpoint melaporkan bahwa subtitle pada sebuah film memungkinkan peretas untuk mengontrol desktop si korban.

Biasanya, subtitle yang disusupi malware tersebut disisipkan bersamaan dengan film bajakan yang berada di dunia maya. Hingga saat ini, sudah ada beberapa aplikasi pemutar video yang bisa terkena dampak dari subtitle berisi malware tersebut, di antaranya adalah VLC dan Popcorn Time.

File yang berbentuk subtitle sendiri biasanya lebih mudah lolos dari sistem keamanan karena tidak dicurigai sebagai file yang berbahaya, terlebih lagi subtitle tidak dieksekusi oleh penggunanya karena umumnya digunakan bersamaan dengan aplikasi pemutar video.

Untuk menangkal subtitle yang berisi malware, Popcorn Time sendiri sudah meluncurkan sebuah patch. Sayangnya, media player lainnya masih belum meluncurkan patch serupa.

 

Baca juga:

Waspada, Malware Crazy Bad Bisa Ambil Alih Windows

Wow, Ada Malware Android Baru Setiap 10 Detik!

Aduh, Serangan Ransomware WannaCry Banyak Terjadi di Negara Ini!

loading...