Perjalanan Hidup John McAfee Sebelum Tewas di Sel Penjara

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Pendiri software antivirus McAfee, John McAfee ditemukan tewas bunuh diri di sel tahanan penjara Barcelona, Spanyol. Ia menghembuskan nafas terakhir pada Rabu (23/6/2021) siang waktu setempat.

John, seorang programmer komputer itu, ditahan sejak Oktober 2020 di Spanyol dan harus menjalani hukuman hingga 30 tahun. Pasalnya, John terkena kasus lantaran dirinya tidak melapor Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) sejak tahun 2014 hingga 2018 silam.

Selain itu, John juga menyembunyikan asetnya berupa cryptocurrency, kapal pesiar, perumahan, dan properti lainnya dengan menggunakan nama orang lain untuk menghindari pajak.

Baca Juga:
Pendiri Antivirus McAfee Tutup Usia di Penjara Spanyol

Terlepas dari kabar bunuh diri tersebut, McAfee dikenal sebagai pendiri perusahaan teknologi software antivirus McAfee pada 1980-an.

Tetapi, pada 1994 ia justru memutuskan untuk meninggalkan perusahaan tersebut. Setelah itu, John McAfee ikut terlibat dalam pembangunan berbagai perusahaan. Beberapa di antaranya, Tribal Voice, QuorumEx, dan Future Tense Central. Selain itu, dia juga sempat mengembangkan aplikasi untuk Android.

Meski dikenal sebagai pendiri antivirus McAfee, dia justru mengaku tak pernah menggunakan antivirus buatannya itu. Entah apa alasannya, tak ada yang tahu.

McAfee kemudian diakuisisi oleh manufaktur chip komputer Intel pada tahun 2010 seharga US$7,7 miliar. McAfee dimasukkan ke dalam divisi keamanan siber Intel yang lebih besar. Namun rebranding itu justru berumur pendek, dan Intel pada tahun 2016 mengubah unit keamanan siber menjadi perusahaan baru bernama McAfee.

Baca Juga:
Bos Antivirus McAfee Ditangkap Akibat Ngemplang Pajak

John McAfee juga dikenal sebagai seorang aktivis politik. Dia pernah dua kali mencoba untuk maju di Pilpres Amerika Serikat 2016 dan 2020 dari Partai Libertarian. Namun, langkah dia di politik gagal.

Dia sering menggembar-gemborkan teori konspirasi di media sosial, dan menjadi subjek pengawasan media menyusul pembunuhan tetangga yang belum terpecahkan tahun 2012 di Belize, sebagaimana dilansir dari The Guardian (23/6/2021).

Salah satu hal kembali membuat namanya menjadi perhatian publik adalah ketika dia menghindari pajak selama delapan tahun. Ia menganggap pajak adalah hal yang ilegal.

Hingga John McAfee dijatuhi hukuman penjara di Spanyol dan dinyatakan meninggal di penjara.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories