HomeHeadlinePerkuat Webtoon, Naver Akuisisi Wattpad

Perkuat Webtoon, Naver Akuisisi Wattpad

Technologue.id, Jakarta – Portal web populer di Korea Selatan, Naver, resmi mengakuisisi platform storytelling Wattpad. Langkah ini semakin melebarkan sayap bisnis Naver khususnya dalam bidang konten.

“Visi Wattpad menghibur dan menghubungkan dunia melalui cerita sangat cocok dengan visi kami untuk Webtoon dan konten terobosan Naver. Kami sangat senang mereka bergabung dengan keluarga Naver,” kata Seong Sook Han, CEO Naver, dikutip dari Tech Crunch (20/1/2021).

Naver membeli Wattpad seharga lebih dari US$ 600 juta atau setara dengan Rp 8 triliun, berdasarkan pengumuman dari perusahaan.

Baca Juga:
LINE Gelar Kontes LINE Webtoon 2020

Wattpad akan bersanding bersama portal penerbitan webtoon online milik Naver, Webtoon. Akuisisi ini memungkinkan adanya kerjasama konten serta cerita yang lebih inovatif, antara Webtoon dan Wattpad.

Menurut Naver, Webtoon rata-rata memiliki lebih dari 67 juta pengguna bulanan. Demikian pula dengan Wattpad yang memiliki 90 juta pengunjung setiap bulannya dan telah menerbitkan 1 milliar cerita. Keduanya saat ini juga kompak menjadi sasaran produsen film yang sedang mencari konten cerita. Apalagi keduanya juga memiliki kriteria sasaran pembaca yang hampir sama.

Baca Juga:
Gaet Milenial, MGMP Jawa Timur Terbitkan Komik Digital Sejarah

Meski sudah menjadi anak perusahaan Naver, namun Wattpad akan terus beroperasi secara independen dan berkantor pusat di Kanada. Perusahaan yang telah eksis selama 14 tahun itu masih akan dipimpin oleh Allen Lau dan Ivan Yuen.

Naver adalah mesin pencari populer di Korea Selatan, yang menjadi pesaing Google. Layanan yang paling terkenal adalah aplikasi perpesanan LINE yang mendorongnya menjadi perusahaan media sosial terbesar di Jepang.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More