Technologue.id, Jakarta – Setelah Snapchat menelurkan banyak efek di platform videonya, kini Instagram merilis tiga efek terbaru pada fitur Boomerang. Perilisan efek ini berselang hampir lima tahun dari peluncuran fitur Boomerang sendiri.

Dilansir dari TechCrunch (13/1/2020), Instagram menambahkan tiga efek Boomerang yang terdiri dari SlowMo, Echo dan Duo. SlowMo sendiri akan memperlambat gerakan, Echo memberikan visual ganda dengan efek blurring, dan Duo mempercepat sekaligus menambahkan efek bertekstur.

Baca Juga:
Kisah Akun Instagram Dibajak, Minta Transfer Uang

Juru bicara Facebook mengatakan, “Instagram memberi ruang bagi penggunanya untuk mengekspresikan diri dengan mudah dan membagikannya kepada orang lain. Boomerang adalah salah satu format video yang paling digemari dan kami sangat bersemangat memperluas fitur tersebut.”

Tidak hanya itu, Instagram juga menambahkan fitur Trimm atau pemangkasan. Fitur ini berguna untuk memilih video yang akan ditampilkan di instastory akan dimulai dan diakhiri darimana. Sebelumnya, fitur ini hanya ditemui jika ingin memposting sebuah video.

Berbagai efek tersebut sebenarnya bukan hal yang baru, Snapchat telah menawarkan efek video Slow-motion dan fast-forward beberapa waktu lalu tidak lama setelah peluncuran Boomerang pada tahun 2015. Selain itu, TikTok juga telah menyediakan beberapa efek ganda dan transisi lebih dulu dibanding Instagram.

Baca Juga:
Hapus Deepfake, Facebook Dikritik Pejabat AS

Efek terbaru di fitur Boomerang ini sudah bisa dinikmati semua pengguna iOS dan Android di seluruh dunia dengan mengupdate versi terbaru Instagram.