Technologue.id, Jakarta – PermataBank meningkatkan kemampuan aplikasi mobile banking PermataMobile X dengan fitur bank syariah. Aplikasi untuk layanan perbankan syariah ini menjadi The First Sharia Mobile Banking Super App.

Berkat segudang fitur yang dijejalkan ke dalam aplikasi ini, PermataBank mengklaim bahwa inovasi merupakan tidak hanya pertama kali ada di Indonesia, namun juga seantero dunia.

Baca Juga:
Super App PermataMobile X Muat Ratusan Fitur Bak Bank ‘Berjalan’

“Setelah Agustus 2018 lalu kami meluncurkan banking app melalui PemataMobile X, sekarang kami melebarkan produk untuk syariah. Ini bukan hanya produk pertama di Indonesia namun juga di Asia bahkan di dunia untuk mobile banking app berbasis syariah,” kata Ridha M. Wirakusumah, Direktur Utama PermataBank, di Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Ridha menjelaskan, Indonesia termasuk salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, di mana lebih dari 84 persen dari total penduduk di Indonesia memeluk Islam. Namun, tingginya jumlah penduduk muslim tidak seimbang dengan pangsa pasar perbankan lslam di Indonesia yang hanya 5,7 persen.

“Nasabah yang pakai produk syariah masih di bawah 6 persen,” imbuhnya.

Herwin Bustaman, Direktur Unit Usaha Syariah PermataBank (Kiri) dan Abdy D. Salimin, Direktur Teknologi & Operasi PermataBank (kanan)

Ditambahkan Herwin Bustaman, Direktur Unit Usaha Syariah PermataBank, dari 36 persen banking penetration (menurut data World Bank), baru 5 persen yang telah mencoba layanan perbankan syariah.

“Kenapa masih kecil? Faktor-faktornya antara lain cabangnya jauh, produk terbatas, dan service-nya kurang,” tuturnya dikesempatan acara yang sama.

Dengan adanya inovasi aplikasi dari PermataBank, nasabah bisa memilih mengakses bank syariah atau konvensional.

Baca Juga:
Latih Bibit Pendiri Startup Sejak Dini Lewat Permata YouthPreneur

Aplikasi ini didukung oleh fitur yang dapat mempercepat nasabah serta calon nasabah dalam melakukan seluruh kebutuhan transaksi perbankan sehari-hari. Salah satu fitur yang dihadirkan dari aplikasi mobile banking syariah ini adalah calon nasabah bisa membuka rekening secara online.

“Shariah Mobile Banking Super App dalam PermataMobile X kami hadirkan untuk memfasilitasi gaya hidup modern masyarakat dalam melakukan aktivitas perbankan yang berbasis syariah. Dengan Permata Mobile X untuk syariah banking, customer bisa membuka rekening syariah secara online di mana pun dan kapan pun tanpa harus datang ke cabang,” kata Abdy D. Salimin, Direktur Teknologi & Operasi PermataBank.

PermataBank Syariah sendiri memiliki empat produk unggulan yang dapat mendukung gaya hidup masyarakat modern seperti di antaranya PermataTabungan iB Haji Regular, PermataTabungan iB Bebas, PermataTabungan iB Optima, PermataME iB, serta produk lainnya.

“Keunggulan dari PermataBank X untuk Sharia Banking adalah semua produk dan fitur dapat diakses hanya dalam satu genggaman,” pungkasnya.