Technologue.id, Jakarta – Kompetisi di bisnis layanan data yang berlangsung di industri telekomunikasi Indonesia sempat dikeluhkan Presiden Direktur Indosat Ooredoo, Alexander Rusli. Bahkan, pria yang kerap disapa Alex itu sempat melayangkan surat berisi keluhannya kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Keluhan Alex bukan tanpa alasan. Ia menyebutkan kompetisi di sisi tarif layanan data telah menggerus yield data yang tercatat dalam buku kas perusahaan. Yield data sendiri merupakan total pendapatan layanan data dibagi dengan total trafik data.

Dalam surat itu, Alex meminta pemerintah untuk turun tangan mengatur tarif batas bawah internet supaya pendapatan yield data operator telekomunikasi tidak mengalami penurunan terus menerus yang bisa membahayakan bisnis yang dilakoni perusahaan.

“Praktis semua operator terjebak dalam perang tarif, karena itu pemerintah harus turun tangan mengatur tarif batas bawah dan harus mulai didiskusikan sekarang,” ujar Alex di acara Indonesia Technology Forum (ITF) yang digelar di Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Sayangnya, permintaan penetapan tarif batas bawah tersebut ditolak Menkominfo. Sebab menurut Menkominfo Rudiantara, tarif batas bawah di industri seluler bukanlah keharusan, tidak seperti yang berlaku di industri transportasi yang berkaitan dengan keselamatan pelanggan.

Meski demikian, Menkominfo mengamini bahwa yield data perlu diatur supaya berada di batas wajar. “Penentuan tarif batas bawah berupa angka itu biar industri saja yang tetapkan. Dari sisi pemerintah akan membuatkan formulasi supaya industri tetap sehat,” jelas Menteri yang akrab dipanggil Chief RA itu.

Lebih lanjut, Menkominfo beralasan formula tarif bawah disediakan untuk menjaha kelangsungan industri. “Industri perlu dijaga supaya tetap hidup untuk bisa membangun dan memelihara jaringan. Formulanya sedang dibahas dan akan segera kita umumkan, tahun ini akan sudah dibuat,” tandas Chief RA.

Baca juga :
Komitmen Indosat Ooredoo Jaga Keselamatan Pegawainya Berbuah Manis
CEO Indosat Berang Ada Karyawannya Anti-NKRI
Indosat Ooredoo vs XL Axiata di Malam Tahun Baru 2017, Menang Siapa?