Persamaan dan Perbedaan Redmi 8 vs Redmi 8A

Technologue.id, Jakarta – Xiaomi telah membawa smartphone murah Redmi 8 Series ke Indonesia. Ada dua model yang diperkenalkan baru-baru ini, yaitu Redmi 8 dan Redmi 8A. Umumnya Xiaomi memberikan tambahan A di belakang nama produk untuk varian lebih rendah. Lantas, apasih beda antara smartphone Redmi 8 vs Redmi 8A?

Dari segi tampilan, keduanya sama-sama mengusung ukuran layar 6,22 inchi HD+. Redmi 8 hadir dengan desain layar penuh dan ada poni di bagian atas. Poni yang diusungnya pun tipe tetesan air atau setengah lingkaran yang kecil. Begitupun Redmi 8A, ada peningkatan dari sebelumnya Redmi 7A di mana saat ini mengusung desain baru dengan memiliki bagian atas berponi.

Baca Juga:
Redmi 8 Hadir Bawa Baterai Bongsor, Mampu Hidup 4 Hari

Sedangkan ukuran body keduanya juga sama persis, yaitu panjang 156.5 x lebar 75.4 x tebal 9.4 mm. Dan sama-sama telah dilengkapi USB Type-C dan jack audio 3,5 mm.

Dari segi dapur pacu, baik Redmi 8 maupun Redmi 8A sama-sama bertenaga di kelasnya berkat Qualcomm Snapdragon 439 berisi Octa-core (2×1.95 GHz Cortex-A53 & 6×1.45 GHz Cortex A53). Chipset ini sudah memakai fabrikasi 12 nm yang lebih hemat daya.

Di sisi GPU pun, Xiaomi tidak membedakan antara Redmi 8 dengan 8A dengan Adreno 505. Bermodal kartu grafis ini, si kembar Redmi 8 masih mampu main game dengan baik.

Redmi 8

Redmi 8A

Perbedaan menonjol terletak pada urusan fotografi. Untuk kamera, Redmi 8 juga lebih unggul dengan hadirnya dua kamera belakang berkekuatan 12 MP + 2 MP, serta kamera selfie 8 MP. Tak luput, dilengkapi pula dengan LED flash dan fingerprint di bagian punggungnya.

Jika Redmi 8 memakai kamera ganda, maka Redmi 8A masih mempertahankan kamera tunggal di belakang. Ia dibekali sensor kamera 12 MP f/1.8, dan kamera depan 8 MP. Namun penting diketahui, Redmi 8A tetap minus sensor sidik jari alias fingerprint.

Selain itu ada juga perbedaan dari jumlah varian model yang disediakan. Redmi 8 memiliki varian kapasitas memori RAM 3 GB + ROM 32 GB dan RAM 4 GB + ROM 64 GB. Sementara di sisi lain, Redmi 8A hanya ada satu varian saja yakni RAM 2 GB dan ROM 32 GB.

Baca Juga:
Xiaomi Rilis Redmi 8A Seharga Rp1,3 Jutaan

Perbedaan Redmi 8 vs Redmi 8A seimbang di sisi baterai. Sama-sama memakai baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan fast charging 18 watt.

Begitu juga urusan sistem operasi, keduanya sudah menjalankan MIUI 11 berbasis Android 9 Pie. Dan tak perlu meragukan dukungan Xiaomi untuk update software.

Soal harga, Redmi 8 varian RAM 3 GB + 32 GB dihargai Rp 1,749,000. Sedangkan varian RAM 4 GB + 64 GB dihargai Rp 1,849,000.

Sedangkan Redmi 8A di Indonesia dihargai Rp 1.449.000 untuk varian RAM 2 GB + 32 GB.

Recent Articles

Inggris Terancam Padam Sinyal Jika Berlaku Larangan Huawei 5G

Technologue.id, Jakarta - Operator seluler British Telecommunications (BT) dan Vodafone memprediksi kemungkinan masyarakat Inggris akan menghadapi pemadaman sinyal ponsel setelah provider telko...

Saingan Nih, Ponsel Gaming Lenovo Legion Meluncur Bareng ROG Phone 3

Technologue.id, Jakarta - Beberapa waktu terakhir, rumor mengenai spesifikasi dan juga tanggal peluncuran ponsel Lenovo Legion marak beredar di internet. Sekarang, kabar...

Oppo Reno4 Segera Melenggang di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Oppo Indonesia telah memperoleh sertifikat resmi baik melalui sertifikasi postel maupun TKDN dari kemenperin untuk perangkat Reno4. Ini berarti,...

Hindari Terancam Bangkrut, UMKM Harus Segera Go Digital

Technologue.id, Jakarta - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki, mewaspadai ancaman masa depan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)...

Toko Online Dibobol, Data Kartu Kredit Konsumen Direbut

Technologue.id, Jakarta - Perusahaan keamanan siber asal belanda, Sancec melaporkan adanya serangan siber yang membobol sejumlah toko online yang tersebar di beberapa...

Related Stories