HomeHeadlinePersiapan Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik RAFI 2021

Persiapan Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik RAFI 2021

Technologue.id, Jakarta – Telkomsel akan mengoptimalkan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2021. Tahun ini, operasi dan pemantauan jaringan di RAFI masih terpusat di daerah pemukiman.

Nugroho, Direktur Network Telkomsel mengatakan bahwa pihaknya telah menyediakan 554 point of interest (POI) di seluruh Indonesia, di mana sebagian besar diperuntukkan di kawasan residensial.

“Dari 554 POI ada sekitar 255 POI yang merupakan area residensial,” katanya pada saat konferensi pers virtual, Senin (12/4/2021).

Baca Juga:
Pelanggan Telkomsel Diminta Waspada Penipuan Berhadiah

Nugroho menambahkan, sedangkan sisanya merupakan area yang diprediksi akan menjadi titik ramai disambangi pelanggan. Adapun di antaranya mencakup 21 rumah sakit rujukan Covid-19, 43 area transit transportasi, 196 area pusat pelayanan publik, 32 area jalur transportasi dan logistik, serta 7 rumah ibadah.

Tidak hanya itu, Telkomsel juga mempersiapkan sejumlah infrastruktur dan meningkatkan kapasitas agar bisa dipakai dengan baik oleh pelanggan di momen RAFI 2021. Anak perusahaan Telkom Group itu memperkirakan akan tetap terjadi pergerakan yang cukup signifikan pada trafik komunikasi di momen RAFI 2021 jika dibandingkan dengan hari normal di 2021.

Trafik layanan broadband diprediksi akan tumbuh sebesar 8,54%, sedangkan trafik layanan panggilan suara dan SMS diproyeksi akan mengalami peningkatan sebesar 3,14% dan 2,95%. Proyeksi tersebut terutama didasari dengan semakin cepatnya perubahan perilaku masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Baca Juga:
Telkomsel Hadirkan Layanan Hotline Covid- 19

Memahami hal tersebut, Telkomsel mempersiapkan infrastuktur sekitar 236.000 unit base transceiver tower (BTS) dan 63 unit compact mobile BTS (Combat) 3G dan 4G di seluruh Indonesia, serta meningkatkan kapasitas internet menjadi 8,07 Tbps.

“Kami berharap pengamanan kualitas jaringan yang telah dilakukan dapat mendukung masyarakat yang akan menjalani momen RAFI tahun ini,” ungkap Nugrhono

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More